Annida Ajak Anak Muda Bogor Jadi Pusat Kreator Wisata Pekarangan Dunia

BOGOR - Calon Wakil Wali Kota Bogor, Jawa Barat nomor urut 02 pada Pilkada 2024 Annida Allivia mengajak Gen Z atau biasa disebut anak muda, bangun untuk berlari bersama pemerintah kota jika ia menang, membawa kota hujan menjadi pusat kreator wisata pekarangan dunia dari rumah masing-masing.

Annida Allivia menuturkan, aktivitas Gen Z yang sering menghabiskan waktu untuk scroll media sosial bisa segera bangun untuk berkolaborasi dengan keluarga dan pemerintah kota ke depan menjadi kreator wisata pekarangan dari Bogor untuk dunia.

“Kita ajak Gen Z,milenial bangun, lari, jadi kreator wisata pekarangan dari Bogor untuk dunia. Mereka tidak harus dituntut keluar rumah, nggak usah dipaksa  keluar kandang. YTTA aja aktivitas mereka, yang penting karyanya, iya enggak?,” ujar Annida Minggu 20 Oktober.

Annida menuturkan, bahwa gagasan wisata pekarangan yang menjadi program pasangan Atang-Annida telah lolos uji secara ilmiah hasil disertasi Cawalkot Atang Trisnanto di IPB University mampu menjadi salah satu sumber penghasilan warga di daerah sampel di Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata pekarangan digagas pasangan Atang-Annida sebagai ekonomi kreatif berbasis komunitas menjadi wisata menarik dan edukatif. Warga diajak kreatif menciptakan ruang hijau secara bersama-sama yang produktif di perkampungan wilayah perkotaan sekaligus menjadi penghasilan tambahan.

Penerapan wisata pekarangan rumah diharapkan akan menjadi solusi minimnya lahan terbuka pertanian maupun perkebunan di Kota Bogor.

Tinggal, kata Annida, bagaimana warga mau bergerak bersama, khususnya Gen Z 5 tahun mendatang yang memasuki usia beranjak dewasa hingga matang, mampu melihat wisata pekarangan orang tua mereka sumber cuan.

“Urusan bagaimana membuat wisata pekarangan terwujud, bagaimana sistemnya, Insyaallah Kang Atang, (calon) Pak Wali bidangnya. Saya sebagai wakil, gaet Gen Z menghidupkan itu jadi viral, sumbang uang jajan juga buat mereka,” kata Annida.

Pemerintah Kota Bogor ke depan, lanjut Annida menjelaskan, sebagai kota yang fokus pada jasa, wisata, termasuk wisata pekarangan dan kuliner akan membuat Bogor Smart System dan Inkubator bisnis lahir.

”Medeka yang mau jadi kreator wisata pekarangan di Tiktok, di Instagram, butuh modal ngonten, pelatihan, kerjasama tinggal koordinasi dengan pemerintah dan stakeholder. Ngonten dapat cuan, terus rebahan lagi buat istirahat enggak apa-apa,” kata dia.