Hari Ini Ada Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, IHSG Diramal Menguat

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal bergerak fluktuatif pada perdagangan hari ini, Senin 21 Oktober. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bakal bergerak pada rentang resistance 7.830, pivot 7.750, dan support 7.650.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, indeks-indeks Wall Street catatkan penguatan di Jumat 18 Oktober. Bersamaan dengan penguatan tersebut, Wall Street catatkan penguatan mingguan keenam berturut-turut.

“Penguatan kembali didorong oleh respon positif pelaku pasar terhadap kinerja keuangan Kuartal III-2024 yang lebih baik dari perkiraan dari sejumlah perusahaan di AS, seperti Netflix dan Procter & Gamble,” tulis Phintraco Sekuritas.

Jelang pemilu AS pada 5 November 2024, Phintraco Sekuritas menyebut, mayoritas jajak pendapat masih mengunggulkan Donald Trump. Salah satu donor utama Trump menyatakan bahwa Trump mempersiapkan kenaikan federal spending sebesar 14% dibanding 2024.

“Kebijakan ini merupakan kebijakan ekspansif untuk menopang outlook pertumbuhan ekonomi,” papar Phintraco Sekuritas.

Masih terkait perubahan kepemimpinan, Phintraco Sekuritas mengatakan, pasar di Indonesia juga merespon pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024 dan pengumuman nama-nama Menteri dalam kabinet baru. Selanjutnya, pelantikan Menteri akan dilakukan pada hari ini, Senin 21 Oktober.

Dari eksternal, Phintraco Sekuritas menyebut, People’s Bank of China (PBOC) diperkirakan kembali memangkas suku bunga acuan. Kebijakan ini mungkin akan memicu peningkatan capital outflow dalam jangka pendek dari pasar modal Indonesia.

“Dengan demikian, IHSG hari ini diperkirakan fluktuatif di bawah 7.800 dan berfluktuasi dalam rentang 7.650-7.830 di pekan ini,” jelas Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan enam saham yang bisa dipilih investor hari ini, yaitu RALS, BBYB, MYOR, ESSA, INKP, dan BUKA.