BGS Dikonfirmasi Hadir dalam Pengumuman Menteri Kabinet Prabowo

JAKARTA – Menteri Kesehatan periode 2020–2024, Budi Gunadi Sadikin (BGS), telah dikonfirmasi akan hadir dalam pengumuman susunan menteri kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan berlangsung Minggu malam, 20 Oktober.

Informasi ini disampaikan oleh Asisten Eksekutif Menteri Kesehatan, Helena Lisa Rosalin, saat dihubungi Antara di Jakarta.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, sebelumnya menyatakan bahwa waktu pasti pengumuman susunan kabinet belum diketahui. Namun, ia memastikan bahwa jika diumumkan malam ini, pelantikan para menteri akan dilakukan Senin pagi, dan pelantikan wakil menteri akan digelar Senin sore.

Sebelumnya, Prabowo telah melakukan pertemuan dengan lebih dari 100 calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan di kediamannya di Jakarta dan Hambalang. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo memberikan pengarahan kepada mereka terkait peran dan tugas di kabinet mendatang.

Budi Gunadi Sadikin sendiri sempat menyampaikan bahwa ia kembali ditunjuk oleh Presiden Prabowo untuk menjadi Menteri Kesehatan.

Pada sebuah acara di Jakarta, ia menyatakan bahwa tugas utamanya nanti adalah meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya bagi tenaga kesehatan, serta menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama bagi masyarakat yang mencari layanan kesehatan.

"Saya tadinya mau pamit, tapi ternyata Tuhan menginginkannya lagi. Jadi selamat menikmati lima tahun ke depan bersama saya," ungkapnya saat acara topping off RSPON Jakarta.