Denmark Open 2024: Fajar/Rian Tumbang, Indonesia Tanpa Wakil di Final

JAKARTA - Indonesia dipastikan tidak memiliki wakil di babak final Denmark Open 2024 setelah pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tumbang.

Juara All England 2024 itu kalah rubber game 20-22, 21-18, dan 11-21 melawan ganda tuan rumah Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Fajar/Rian sebenarnya tampil dominan pada gim pertama. Mereka bahkan sempat memimpin 20-17, tetapi lawan bangkit dan mencetak lima angka beruntun.

Pada gim kedua, duel berjalan jauh lebih ketat. Fajar/Rian dipaksa baru bisa menjaga keunggulan setelah kedudukan imbang 15-15.

Saat gim penentuan, penampilan Fajar/Rian melempem. Setelah bangkit menyamakan skor 2-2, poin mereka berjalan tersendat dan lawan pun nyaman hingga mengunci kemenangan.

Kekalahan ini membuat rekor menang-kalah Fajar/Rian melawan pasangan tersebut menjadi 3-5. Ini merupakan bentrok kedua mereka dalam tahun ini.

Sebelum berhadapan di ajang Denmark Open, pasangan itu bertemu di Singapura Open. Ketika itu, mantan nomor satu dunia tersebut yang keluar sebagai pemenang.

Selain pasangan Fajar/Rian, Indonesia juga sebenarnya punya duo tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani di babak semifinal turnamen Super 750 BWF ini.

Kedua nama itu sudah terlebih dahulu pulang petang tadi. Gregoria tidak bisa menyelesaikan laga melawan An Se Young karena cedera, sedangkan Putri ditekuk Wang Zhi Yi.