Turnamen Menpora Fest 2024 Rampung Digelar

JAKARTA – Ajang Menpora Fest 2024 yang mempertandingan tiga cabang olahraga secara resmi rampung digelar pada Sabtu, 19 Oktober malam.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo hadir dan menutup langsung acara tersebut sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Dito mengatakan bahwa Menpora Fest 2024 merupakan puncak dari berbagai rangkaian acara sirkuit nasional yang sebelumnya telah digelar diberbagai daerah.

"Ini mencari bibit-bibit muda yang jangka pendeknya memperkuat [Indonesia] di Olympic Youth Games dan Asian Youth Games. Ini sudah menjadi suatu keharusan dari Kemenpora menggelar ajang ini," ujar dia.

Menpora Fest 2024 melombakan tiga cabang olahraga (cabor), yakni futsal, bulu tangkis, dan basket 3x3. Selama acara ini digelar, sejumlah artis tanah air diundang hadir untuk ikut meramaikan.

Dito mengatakan bahwa ke depan instansinya akan berusaha melibatkan cabor-cabor yang sesuai dengan kebutuhan dengan target jangka pendek di Youth Olympic Games dan Asian Youth Games.

"Nanti kami akan kolaborasi juga dengan berbagai pemangku kepentingan, baik dari swasta dan juga federasi agar acaranya bisa lebih menarik lagi," ujar Dito.

Olympic Youth Games selanjutnya akan berlangsung di Dakar, Senegal, pada tahun 2026 nanti. Adapun Asian Youth Games akan berlangsung tahun depan di Kota Tashkent, Uzbekistan.

Kedua ajang penting ini digelar setiap empat tahun sekali yang melibatkan atlet-atlet usia sekolah 15 sampai dengan 18 tahun. Kedua ajang ini merupakan acara besar di bawah Olimpiade dan Asian Games.