Dukung Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wapres, LRT Jabodebek Belakukan Tarif Rp1

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menerapkan tarif spesial Rp 1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek dalam rangka mendukung pelaksanaan Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menyampaikan PT Kereta Api Indonesia melalui layanan LRT Jabodebek menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan kelancaran transportasi publik.

KAI berupaya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Sebagai dukungan kepada pemerintah dan apresiasi masyarakat, KAI menerapkan tarif spesial Rp1 untuk seluruh perialanan LRT Jabodebek pada hari pelantikan,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu, 19 Oktober.

Mahendro mengatakan untuk menggunakan layanan ini, terdapat ketentuan saldo minimum bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan Kartu Uang Elektronik (KUE) sebesar Rp1.000 dan saldo minimum LinkAja sebesar Rp 20.000.

“Perlu diperhatikan, setiap kartu KMT dan KUE hanya dapat digunakan oleh satu pengguna,” ujar Mahendro.

KAI mengimbau masyarakat untuk menggunakan KUE atau KMT demi mempercepat proses pembayaran dan mengurangi waktu tunggu di pintu masuk stasiun.

Mahendro mengatakan metode pembayaran ini membantu mengurangi kepadatan dan memberikan efisiensi di tengah volume pengguna yang diprediksi akan meningkat signifikan.

“Untuk menghadapi potensi lonjakan pengguna, KAI juga akan menambah jumlah perjalanan LRT Jabodebek dari 260 menjadi 364 perjalanan pada 20 Oktober. Langkah ini diambil guna menjaga kenyamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, sambung Mahendro, masyarakat diingatkan untuk menjaga barang-barang pribadi, terutama di area yang ramai, serta selalu memperhatikan anak-anak.

Pengguna diharapkan mengutamakan pengguna prioritas seperti lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan pengguna yang membawa balita.

“Termasuk menjaga kebersihan lingkungan stasiun dan kereta demi kenyamanan bersama,” katanya.