Warga Diimbau Hindari Sudirman-Thamrin Saat Pelantikan Prabowo-Gibran

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga agar menghindari Jalan Sudirman-MH Thamrin, saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024

Hal itu karena jalan protokol tersebut akan dilalui oleh tamu negara. Selain itu adanya adanya panggung-panggung hiburan.

"Bagi yang tidak berkepentingan silakan untuk menghindari jalur-jalur lintasan yang kemungkinan ada rekayasa lalu lintas," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin dilansir ANTARA, Jumat, 18 Oktober.

Namun, kata dia, apabila warga ingin ikut meramaikan momentum pelantikan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyiapkan panggung-panggung hiburan di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin.

Menurut rencana, panggung hiburan dimulai pukul 11.00 WIB hingga ketibaan Presiden di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Bila bisa ikut bersama-sama memberikan suatu penghormatan yang ikut meramaikan (pelantikan Presiden dan Wakil Presiden) sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin ada tempat-tempat yang disiapkan untuk panggung hiburan," kata Arifin.

Pemprov DKI melalui Satpol PP DKI Jakarta siap bersinergi dengan TNI-Polri untuk

mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Satpol PP akan mengerahkan sekitar 1.700 personel yang ditugaskan untuk mengamankan sekitar hotel-hotel pada jalur lintasan tamu negara.

"Mulai dari Bandara Soekarno Hatta menuju tempat hotel yang nantinya mereka menginap di sana. Termasuk juga jalur dari Bandara Halim dan jalur lintasan yang akan dilintasi oleh Presiden dan Wakil Presiden dari kediaman menuju Gedung MPR/DPR ada yang berlanjut lagi ke Istana Merdeka," ujar Arifin.

Dia mengimbau kepada seluruh petugas Satpol PP yang berjaga untuk selalu waspada dan cermat dalam mengantisipasi hal-hal yang menyebabkan gangguan ketentraman dan ketertiban umum.

"Kita harus mampu bisa menjaga bersama-sama membantu mengendalikan agar kebahagiaan dan kegembiraan masyarakat Indonesia khusus yang ada di Jakarta dalam menyambut proses kepemimpinan ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib," katanya.