Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati, Ini Pentingnya Medical Check Up Berkala

JAKARTA - Medical check up (MCU) merupakan serangkaian pemeriksaan kesehatan untuk menilai kondisi tubuh secara menyeluruh. Jenis tes MCU meliputi pemeriksaan fisik, kulit, hingga tulang.

Kegiatan medical check up juga sebaiknya dilakukan secara rutin. Ini menjadi salah satu cara untuk memeriksa kesehatan secara menyeluruh serta untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang dapat berkembang menjadi penyakit.

Kali ini, PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemeriksaan laboratorium dan klinik dengan menggunakan teknologi medis yang modern dan merupakan bagian dari BMHS (Bunda Medik Healthcare System) secara resmi membuka gedung baru BMHS Diagnos Tower di kawasan Menteng Jakarta Pusat.

"Hari ini merupakan momen yang baik karena di bulan ini kami sedang bersyukur dalam rangka ulang tahun Diagnos yang ke-7 dengan tema Collaborafi7 (Collaborafit)," kata Mesha Rizal Sini, Direktur Utama PT Diagnos Laboratorium Tbk saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat, 18 Oktober 2024.

"Makna dari tema tersebut adalah 'Keterbukaan dalam berbagai perbedaan, untuk membangun kolaborasi yang sehat, sehingga dapat menciptakan efektifitas dan produktifitas kerja yang baik di dalam ekosistem Diagnos'.

Dalam kesempatan tersebut, Diagnos dalam waktu dekat akan membuka Klinik Utama di gedung ini yang berfokus kepada layanan Medical Check Up yang didukung Smart Report untuk memberikan informasi Personal Health Risk Score dalam periode 10 tahun ke depan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dokter, laboratorium, dan radiologi.

Layanan ini kami disebut sebagai MCU Plus yang tidak hanya memberikan manfaat secara personal, tetapi bagi rekanan perusahaan dalam upaya menjaga kesehatan dan produktivitas karyawan.

Smart report ini akan memberikan kemudahan dalam tindak lanjut pemeliharaan kesehatan karyawan melalui program Corporate Manged Care, sehingga perusahaan dapat memantau dan mengelola kesehatan karyawan secara lebih efektif.

"Teman-teman corporate, untuk karyawan yang terkena risiko-risiko sudah diproyeksikan tadi. Kita bisa lihat karyawan tersebut lewat perjalanan kesehatannya," ujar Fergus Richard, Managing Director PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk.

"Satu tahun orang tersebut ada risiko penyakit jantung. Kalau tahun kedua, oh sudah ada perbaikan," lanjutnya.

Smart report ini akan memberikan kemudahan dalam tindak lanjut pemeliharaan kesehatan karyawan melalui program Corporate Manged Care, sehingga perusahaan dapat memantau dan mengelola kesehatan karyawan secara lebih efektif.

Diagnos akan memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia. Diagnos mengembangkan produk DNA and Me 2.0, yang merupakan pemeriksaan genomik yang komprehensif mencakup laporan menyeluruh tubuh seseorang atau 360 Report.

Produk ini dikembangkan dengan dukungan platform digital inovatif yang menawarkan kemudahan akses dan berbagai dukungan layanan kesehatan seperti Health Risk Score, layanan test laboratorium, konsultasi dokter, konektivitas wearable device, serta artikel kesehatan.

"Modul dalam platform ini harapannya menjadi Health Passport yang menjadikannya solusi kesehatan holistik bagi masyarakat Indonesia," tutup Fergus pada kesempatan kali ini.