Triumph Perkenalkan Versi Peningkatan Speed Twin 900, Ini Kebolehannya

JAKARTA - Merek sepeda motor Inggris, Triumph Motorcycles resmi memperkenalkan peningkatan Speed Twin 900 dalam segmen retro roadster.

Chief Product Officer Triumph Steve Sargent, mengatakan motor ini telah berevolusi secara signifikan menjadi lebih ramping dan dinamis namun tetap mempertahankan ciri khas desainnya yang klasik khas dari merek.

Tidak hanya eksterior, pabrikan juga merancang Speed Twin 900 terbaru dengan sasis dan spesifikasi berbeda, sehingga performa dan berkendaranya menjadi lebih lincah dan menyenangkan.

“Motor ini juga lebih lincah dan mudah bermanuver, karena kami melakukan perubahan pada sasis dan spesifikasi yang semuanya menghasilkan perbedaan besar,” kata Sargent dalam laman resmi brand, Jumat 18 Oktober.

Triumph mengklaim bahwa Speed Twin 900 memiliki bobot hingga 216 kg, berkat manfaat dari sasis yang diperbarui ditambah dengan perangkat elektronik tambahan untuk menyediakan paket roadster retro ukuran menengah yang modern.

Pabrikan juga menghadirkan penyetelan pengendalian terbaru dengan satu set Marzocchi terbalik 43 mm yang mengapit pada sepatbor depan, menggantikan tiang penyangga garpu konvensional.

Bagian belakang juga dilengkapi dengan shock ganda yang dapat disesuaikan preload dari merek Marzocchi di kedua sisi kursi bangku datar 780 mm.

Triumph Speed Twin 900 terbaru juga dilengkapi dengan pelek depan 18 inci yang telah didesain ulang dan belakang 17 inci dengan ban Michelin Road Classic di kedua rodanya.

Peningkatan juga berlaku pada bagian sasis tambahan dalam bentuk swingarm aluminium baru yang lebih kaku dan ringan. Dengan demikian, ini membantu pengendalian lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, Triumph juga hadirkan berbagai fitur standar seperti dasbor TFT LCD dengan tambahan opsional seperti pegangan berpemanas, cruise control, modul konektivitas Bluetooth, dan masih banyak lagi.

Demi membantu pengendara, Speed Twin 900 kini dibekali fitur cerdas seperti dua mode berkendara yang bisa dipilih serta sistem Anti-lock Braking System (ABS) Bosch dan traction control.

Motor ini dibekali dengan mesin 900 cc berpendingin cairan SOHC parallel-twin yang telah berstandar Euro5+. Ini membuatnya memiliki tenaga hingga 64 dk pada 7.500 rpm dan 80 Nm pada 3.800 rpm yang tersambung dengan transmisi lima percepatan.

Triumph Speed Twin 900 akan tersedia di pasar Inggris dengan harga mulai dari 9.195 poundsterling atau setara Rp185,7 juta dan akan tersedia di jaringan dealer mulai Februari 2025.