Spanyol Tak Kehilangan Sentuhan meski Sejumlah Pilar Juara Euro 2024 Absen

JAKARTA - Spanyol sudah memastikan satu tempat di perempat final League A UEFA Nations League 2024/2025.

Meski masih menyisakan dua laga, Spanyol paling buruk mengakhiri fase Grup A4 sebagai runner-up.

Kepastian itu didapat setelah La Roja menang 3-0 atas Serbia di Estadion Nuevo Arcangel pada 16 Oktober 2024.

Kemenangan tersebut membuat anak asuh Luis de la Fuente menempati peringkat pertama dengan 10 poin dari empat laga tanpa kekalahan, tiga kemenangan dan satu seri.

Mereka unggul tiga poin dari Denmark yang ada di peringkat kedua. Sementara Serbia dan Swiss ada di tangga ketiga dan keempat dengan raihan empat poin serta satu poin.

Penampilan Spanyol yang masih kuat untuk para pesaingnya jelas memukau. Padahal, mereka kehilangan sejumlah pilar penting dari skuad juara Euro 2024.

Tengok saja ketika melawan Serbia, La Roja bahkan sanggup membuat 30 peluang dibanding tiga milik tamu.

Kapten Spanyol, Alvaro Morata, menyebut timnya tidak kehilangan sentuhan meski tidak diperkuat pemain-pemain penting.

Malahan, pemain muda yang dipercaya turun sudah langsung klik.

"Kami berada di babak final turnamen besar dan itu adalah sesuatu yang patut dibanggakan."

"Kelihatannya mudah karena kami selalu berada di babak final. Namun, tentu saja tidak. Jadi, kami harus memahami betapa istimewanya itu dan memberinya nilai yang pantas."

"Kami memiliki beberapa pemain yang cedera, kami kehilangan mereka. Namun, kami harus melihat sisi positifnya, yaitu pemain muda yang tampil."

"Apa yang telah kami ciptakan adalah hal yang istimewa dan kami harus terus maju. Spanyol memiliki masa depan yang luar biasa," ujar Morata kepada televisi Spanyol, TVE.

Sejak menang lawan Denmark 1-0 pada 13 Oktober 2024, Spanyol sudah bermain tanpa Dani Carvajal dan Rodri karena cedera lutut serius.

Lalu, pemain kunci seperti Nico Williams, Dani Olmo, dan Robin Le Normand juga absen. Namun, ternyata Spanyol masih tangguh dengan deretan pemain muda.

Bahkan, absennya pemain muda berbakat, Lamine Yamal, juga tak begitu memengaruhi kekuatan La Roja.

Spanyol ternyata masih punya Pau Cubarsi yang masih berusia 17 tahun. Pemain Barcelona itu akhirnya mendapat kesempatan debut di tim senior.

Mereka dengan mudah mengalahkan Serbia dan tidak kehilangan irama permainan. Selepas laga itu, Spanyol kini sudah mengemas tiga kemenangan beruntun UEFA Nations League.

Anak asuh Luis de la Fuente masih punya dua laga sisa pada November 2024, yaitu bertandang ke Denmark dan menjamu Swiss sebelum tampil di perempat final.

Terlepas dari itu, baru Spanyol dan Jerman yang sudah memastikan diri ke perempat final League A UEFA Nations League. Dua grup sisanya masih harus bertarung hingga dua partai tersisa untuk mendapat tiket ke babak perikut.