Ekonom: Investor Asing akan Respons Positif jika Sri Mulyani Kembali jadi Menkeu

JAKARTA - Chief Economist & Head of Research Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto menyampaikan bahwa para pelaku pasar asing (foreign investor) akan merespons positif apabila Sri Mulyani Indrawati ditunjuk kembali sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) pada kabinet pemerintahan baru Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka.

“Menurut saya memang justru sangat positif, terutama bagi investor di Surat Berharga Negara (SBN). Jadi, investor asing kalau mau beli SBN tentu saja melihat siapa sosok bendahara negaranya,” ujar Rully dalam Media Day: October 2024 bertajuk Fostering Stability: Positive Inflation Impact and Safeguarding the Capital Market di Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis 17 Oktober.

Ia menyebut, bahwa ada kekhawatiran apabila posisi menteri keuangan ada perubahan, yang mana dapat mempengaruhi sikap investor asing terhadap pasar keuangan di Indonesia, terutama ke pasar SBN.

“Saya khawatirkan, kalau berubah nanti takutnya asing tidak mau masuk lagi ke SBN. Dan kayaknya menteri- menteri ekonomi lainnya juga yang masih berlanjut ya,” ujar Rully.

Apabila Sri Mulyani tetap menjadi menteri keuangan, menurutnya, kebijakan fiskal Indonesia dalam lima tahun ke depan masih akan tetap sama seperti periode pemerintahan sebelumnya, sehingga hal tersebut dapat memberikan keyakinan terhadap investor asing untuk berinvestasi di pasar SBN Indonesia.

“Beliau (Sri Mulyani) sekarang statusnya sebagai The Best Finance Minister In The World. Belum ada kayaknya dari Indonesia ke sana, sangat sulit untuk mencari yang seperti itu. Dan yang lebih lagi, beliau terkenal sebagai seorang yang jujur, bersih, dan transparan,” ujar Rully.

Dalam kesempatan lain, Ekonom Keuangan dan Praktisi Pasar Modal Hans Kwee menyampaikan bahwa pelaku pasar merespon positif dengan kemungkinan ditunjuknya kembali Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan Indonesia.

Lanjutnya, investor asing dan investor domestik akan merespon positif penunjukan tersebut seiring dengan reputasinya selama ini.

“Respon pasar cukup positif, terutama sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani. Asing percaya dengan reputasi beliau dan investor dalam negeri juga,” ujar Hans.