Terima 1000 Karangan Bunga Pemakaman, Agensi Ungkap Upaya Hukum Lindungi Seunghan dan RIIZE

JAKARTA - SM Entertainment merilis pernyataan baru mengenai upaya hukum yang akan mereka ambil untuk melindungi RIIZE dan mantan membernya, Seunghan.

Pada 11 Oktober 2024, agensi mengumumkan Seunghan akan kembali beraktivitas dengan Seunghan mulai November mendatang. Pengumuman itu menuai respons negatif dari penggemar lokal RIIZE sehingga mereka mengirimkan lebih dari 1000 karangan bunga pemakaman ke kantor agensi.

Dua hari kemudian, Seunghan menyatakan dirinya keluar dari RIIZE setelah berdiskusi dengan agensi. SM Entertainment juga membenarkan kabar tersebut. Kabar ini secara tidak langsung berdampak kepada member RIIZE lainnya.

“Kami ingin memberi kabar tindakan hukum yang diambil atas pelanggaran hak kepada artis kami RIIZE (Shotaro, Eunseok, Sungchan, Wonbin, Sohee, Anton). Kami sudah mengumpulkan postingan dan komentar yang termasuk ancaman, penghinaan, dan komentar mengenai member RIIZE melalui laporan penggemar dan proses monitor,” kata SM Entertainment pada Kamis, 17 Oktober.

“Beberapa individu yang meniru member RIIZE di Instagram dan menulis informasi palsu sudah diidentifikasi dan dikirim ke jaksa. Kami akan memberi kabar terbaru pada pernyataan terpisah. Memanipulasi gambar artis dan menyebarkan informasi palsu adalah tindakan ilegal,” katanya.

“Kami berterima kasih kepada penggemar yang mendukung RIIZE. Kami meminta bantuan untuk terus melaporkan informasi jika kalian menemukan tindakan ilegal terkait RIIZE. Terima kasih,” tutup agensi.

Pada pernyataan terpisah, agensi masih menyebut Seunghan sebagai artis mereka dan mereka mengetahui informasi palsu yang tersebar.

“Sejak debutnya, kami memantau komentar dan postingan terkait serangan pribadi, informasi palsu mengenai Seunghan. Kami sudah mengumpulkan cukup bukti dan melakukan tindakan legal,” kata SM Entertainment.

“Kami mengambil tindakan hukum terkait aktivitas ilegal yang merugikan Seunghan, dan kami akan terus merespons tanpa pengecualian,” katanya.