Honda Recall Civic Hybrid 2022 di Australia, Ini Biang Masalahnya

JAKARTA - Honda Australia harus menarik kembali dua unit Civic E:HEV LX hybrid 2022, dengan alasan adanya potensi kerusakan pada lapisan tembaga pada modul baterai lithium ion.

Mengutip dari laman Drive, Kamis, 17 Oktober, kendaraan yang terkena dampak adalah model tahun 2022, tetapi kemungkinan telah dijual di kemudian hari. Penarikan kembali tersebut diajukan ke Departemen Infrastruktur.

"Terminal negatif sel baterai dalam modul baterai Lithium-ion dibuat dengan lapisan tembaga yang tidak memadai dan dapat patah. Jika hal ini terjadi saat baterai diberi energi, hal ini dapat mengakibatkan kendaraan tertabrak," tulis laporan tersebut.

Dalam pernyataan tersebut juga diungkapkan bahwa kebakaran kendaraan dapat meningkatkan resiko cedera atau kematian pada penumpang kendaraan.

"Kebakaran kendaraan dapat meningkatkan risiko cedera atau kematian pada penumpang kendaraan, pengguna jalan lain, orang yang berada di sekitar atau kerusakan properti," tambah pernyataan tersebut.

Menyikapi penarikan kembali itu, Honda Australia menyarankan pemilik dua kendaraan yang terkena dampak bisa menghubungi pusat layanan Honda, untuk melakukan pemesanan guna mengganti baterai lithium-ion secara gratis.

Selain menghubungi pusat layanan Honda, pemilik yang terkena dampak juga bisa menyambangi dealer Honda terdekat untuk mengatasi masalah yang ada.