Hendra/Ahsan Tumbang, Indonesia Tinggal Punya 7 Wakil di Denmark Open 2024

JAKARTA – Tujuh dari sembilan wakil Indonesia yang bermain di ajang Denmark Open 2024 sukses mengamankan tiket ke babak kedua.

Pertandingan lanjutan dari babak pertama ajang itu selesai dihelat pada Kamis, 17 Oktober 2024, subuh WIB. Dari enam wakil yang bermain pada babak pertama di hari kedua, empat di antaranya lolos.

Tiket babak kedua paling pertama diamankan oleh pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie.

Peraih medali emas Asian Games 2018 dan unggulan keempat tersebut melanjutkan perjalanannya usai menghentikan tunggal Malaysia, Leong Jun Hao.

Menyusul setelah itu adalah tunggal putri Putri Kusuma Wardani. Atlet yang berusia 22 tahun ini sukses memulangkan unggulan keenam asal Jepang, Aya Ohori.

Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kemudian mengikuti jejak kedua rekan mereka tersebut.

Fajar/Rian lolos setelah menghentikan pasangan Jerman, Bjarne Geiss/Jan Colin Voelker, sementara Rinov/Pitha menghajar unggulan ketujuh asal China, Cheng Xing/Zhang Chi.

Sebelumnya, pada hari pertama Selasa, tiga tiket buat Indonesia diamankan oleh Gregoria Mariska Tunjung, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana.

Sementara itu, dua wakil Indonesia harus angkat koper paling awal. Anthony Sinisuka Ginting menjadi pebulu tangkis Merah-Putih pertama yang tersingkir di babak pertama.

Dia tidak bisa melanjutkan perjalanan usai ditumbangkan Kenta Nishimoto dalam pertarungan rubber game, 12-21, 21-15, dan 20-22, pada Rabu, 16 Oktober 2024, malam WIB.

Kemudian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang tampil terakhir di hari kedua juga ikut pulang.

The Daddies takluk melawan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, dua gim langsung dengan skor 8-21 dan 15-21.

Pasangan veteran itu tak berdaya sejak set pertama. Setelah kedudukan sempat imbang 2-2, Hendra/Ahsan tak bisa membendung Hoki/Kobayashi hingga tertinggal jauh di interval 4-11.

Selepas jeda, tak ada perubahan terjadi. Ganda Jepang tersebut melaju tanpa hambatan, sedangkan poin Hendra/Ahsan terhenti di angka delapan.

Pada set kedua, Hendra/Ahsan juga gagal bangkit. Sempat berimbang 3-3, mereka kemudian tertinggal terus dari Hoki/Kobayashi.

The Daddies berjarak jauh saat interval dengan tertinggal 6-11. Setelah itu pun mereka masih kesulitan mengejar.

Keunggulan terjauh Hoki/Kobayashi atas Hendra/Ahsan tercatat hingga tujuh poin di kedudukan 16-9 dan 17-10.

Hendra/Ahsan sempat memangkas jarak menjadi empat poin pada kedudukan 13-17. Namun, ganda Indonesia itu tak bisa menghentikan Hoki/Kobayashi untuk memenangi laga.

Selanjutnya, enam dari tujuh wakil Indonesia yang lolos ke babak kedua akan tampil kembali pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Hanya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang tak mengeluarkan keringat pada babak kedua hari ini.

Dia langsung lolos ke perempat final usai lawannya, Kevin Lee/Eliana Zhang, asal Kanada mundur.

Rinov/Pitha selanjutnya akan berjumpa pemenang antara Hoo Pang Ron/Cheng Su Yin (Malaysia) vs Jiang Zhengbang/Wei Yaxin (China).