Inilah Versi Penyegaran BMW Seri-2 Gran Coupe, Apa yang Berbeda?

JAKARTA - BMW secara resmi meluncurkan Seri-2 Gran Coupe terbaru dengan sejumlah elemen yang disegarkan, mulai dari tenaga lebih besar, desain sporty, serta kaya akan fitur canggih.

Melansir dari Carscoops, Kamis, 17 Oktober, sebagian besar mobil ini mempertahankan fondasi seperti sebelumnya. Namun dari segi desain, sedan ini memiliki beberapa hal yang menarik.

Sama seperti versi terdahulu, mobil ini memiliki desain yang kompak dan mengalami sedikit peningkatan dari sisi dimensi. Panjang mobil ini bertambah 0,7 inci (17,7 mm) menjadi 179,2 inci (4.551 mm). Kemudian, tingginya juga bertambah 1 inci (25,4 mm) menjadi 56,9 inci (1.445 mm).

Meskipun terdapat beberapa perubahan, wheelbase pada mobil ini tetap sama seperti sebelumnya berukuran 105,1 inci (2.669 mm) dan lebar 70,9 inci (1.800 mm).

Seri-2 Gran Coupe versi disegarkan kini menampilkan gaya M Sport sebagai standar, mencakup bumper depan dan belakang lebih agresif. Untuk versi M235, disediakan empat buah pipa knalpot yang sporty.

Bagian sampingnya memiliki pelek berukuran 18 inci sebagai standar dan 19 inci untuk opsional. Hal menariknya, pabrikan dari Jerman juga tawarkan ban segala musim dan performa tinggi yang bisa dipilih oleh pembeli.

Untuk mempercantik tampilannya, pembeli juga dapat memilih opsi M Shadowline Lights pada spoiler belakang dan trim Shadowline.

Merek otomotif ternama ini juga menghadirkan sistem suara premium Harman Kardon 12-speaker, navigasi berbasis Cloud, keyless entry, pengisian daya ponsel nirkabel, dan auto-dimming untuk kaca spion luar dan dalam yang menjadi standar.

Bagian dalamnya juga kini dilengkapi BMW Curved Display baru, menggabungkan layar kluster 10,25 inci dan panel infotainmen 10,7 inci. Sistem ini dioperasikan dengan iDrive 9 dengan QuickSelect yang dapat ditingkatkan melalui over-the-air.

Varian terdiri dari 228 dan M235 hadir dengan mesin yang sama, yakni 2,0 liter 4-silinder turbo yang alami revisi pada sistem pembakaran serta siklus pembakaran Miller.

Dengan demikian, mesin tersebut dapat memberikan tenaga mencapai 241 dk dan torsi 400 Nm untuk versi entry-level 228. Performanya didukung dengan penggerak roda depan sDrive dan all-wheel drive xDrive.

Versi tertinggi M235 memiliki tenaga 312 dk dan torsi yang sama seperti 228. Tipe ini dirancang dengan sistem penggerak xDrive all-wheel drive.

Didukung oleh transmisi tujuh percepatan dual-clutch, 228 Gran Coupe dapat berlari dari 0 ke 97 km/jam dalam 5,8 detik. Sementara, M235 mampu memperoleh hingga 4,7 detik.

BMW Seri-2 Gran Coupe terbaru akan diproduksi di pabrik Leipzig, Jerman milik BMW Group dan akan diluncurkan ke pasar mulai Maret 2025 mendatang.