Honda Prelude Terbaru Akhirnya Diuji Jalan, Siap Meluncur Tahun Depan

JAKARTA - Konsep Honda Prelude terbaru telah diluncurkan pada Japan Mobility Show 2023 lalu. Kehadirannya membuat para pecinta otomotif dunia menanti-nantikan kemunculannya dalam versi produksi setelah terakhir kali berada di pasaran pada 2001 lalu.

Selain itu, rumor mengenai kehadirannya dalam versi produksi telah tersebar luas. Bahkan, ini kembali diperkuat sedan tersebut tertangkap kamera sedang diuji jalan untuk pertama kalinya.

Dilaporkan Autocar, Kamis, 17 Oktober, mobil tersebut terlihat menyentuh aspal jalanan di sebuah pedesaan Jerman dengan dibungkus stiker kamuflase berpola piksel berwarna biru dan putih.

Terlihat prototipe ini mempertahankan sejumlah elemen seperti versi konsepnya baik dari depan hingga belakang. Namun, ada beberapa perubahan yang tidak ada pada versi sebelumnya.

Perubahan paling mencolok terlihat pada kaca spion yang lebih tebal seperti milik Honda Civic. Kemudian, kaca depan telah terhubung dengan sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada kaca depan.

Honda juga menghapus spoiler belakang yang sebelumnya ada pada versi konsepnya. Bagian belakang juga terlihat lebih halus untuk mengakomodir pemosisian pelat nomor. Lampu di bagian ini juga terlihat ditutupi di bagian tengah sehingga masih belum dipastikan apakah Prelude akan menggunakan pengadopsian LED yang lebar.

Diperkirakan Prelude terbaru ini akan mengusung mesin dan teknologi hybrid e:HEV yang sama seperti Civic, yakni mesin bensin 2,0 liter bekerja sama dengan sepasang motor listrik dan menghasilkan tenaga 180 dk dengan konsumsi BBM 24 km/l.

Performanya didukung dengan transmisi CVT secara eksklusif. Namun, spekulasi terbaru mengabarkan bahwa model ini juga akan hadir dengan transmisi manual enam percepatan.

Versi produksi dari Prelude diperkirakan akan debut sekitar 2025 mendatang. Sementara, pasar Eropa dan Amerika Utara dikonfirmasi akan mendapatkan mendapatkan unitnya pada tahun 2026.