PSIS vs Persija: Macan Kemayoran Tanpa Penggawa Timnas Indonesia

JAKARTA - PSIS Semarang akan menjamu Persija Jakarta pada pekan kedelapan Liga 1 2024/2025 di Stadion Madya Magelang, Kamis, 17 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB.

Kedua tim sama-sama membidik kemenangan pertama setelah pada empat laga sebelumnya tak pernah menang.

PSIS mengalami tiga kekalahan dan satu seri di empat partai terbaru. Sementara Persija kalah dua kali dan seri dua kali pada empat laga sebelumnya.

Bentrok keduanya pun bakal berlangsung panas jika menilik target tersebut.

Masalahnya sekarang, Persija yang datang sebagai tamu tidak bisa tampil dengan skuad terbaiknya.

Carlos Pena harus mempersiapkan tim tanpa pemain yang bertugas di Timnas Indonesia, yaitu yaitu Rizky Ridho, Witan Sulaeman, dan Muhammad Ferarri.

Ada kemungkinan besar ketiganya absen saat melawan PSIS karena baru kelar bermain untuk Skuad Garuda pada Selasa, 15 Oktober 2024, di China.

"Saya akan lebih suka jika dapat menggunakan semua pemain. Soalnya, itulah situasi terbaik untuk setiap pelatih, khususnya pemain-pemain Timnas Indonesia."

"Anda tahu betapa pentingnya mereka untuk tim. Meski begitu, saya adalah pelatih yang akan berusaha menemukan solusi-solusi terbaik untuk tim," kata Carlos Pena di laman resmi Persija.

"Tentu saja, saya akan senang jika dapat memainkan mereka. Namun, menurut saya itu akan sulit karena mereka bermain di China dua hari sebelumnya. Maka mereka bisa saja tidak akan berada dalam kondisi terbaik," ucap sang pelatih lagi.

Kendati demikian, Macan Kemayoran tetap mengusung misi kembali ke jalur kemenangan. Pena tak terlalu mempermasalahkan absennya tiga pemain mengingat Persija punya kedalaman mumpuni.

"Tentu saya berusaha. Saya bekerja sangat keras. Saya berusaha memperbaiki tim agar kami dapat bermain dengan cara terbaik. Tujuan kami mendapatkan poin demi poin. Itulah pekerjaan saya."

"Satu-satunya fokus saya adalah meningkatkan performa tim untuk membuat Persija memenangi pertandingan demi pertandingan. Saya akan membuat tim menjadi lebih kompetitif," tutur Carlos Pena.

Motivasi besar Persija itu layak diwaspadai PSIS Semarang meski mereka juga ingin bangkit.

Laskar Mahesa Jenar menjadi tim yang tak diunggulkan walau bermain di kandang sendiri. Raihan satu poin tampaknya menjadi target realistis di laga nanti.

Prakiraan Formasi

PSIS Semarang (3-4-3): Syahrul Trisna; Ruxi, Alfeandra Dewangga, Joao Vitor; Bouakary Diarra, Tri Setiawan, Haykal Alhafiz, Sandy Ferizal; Gali Freitas, Wildan Ramdhani; Septian David Maulana

Persija Jakarta (3-4-2-1): Andritany Ardhiyasa; Odrej Kudela, Akbar Arjunsyah, Raka Cahyana Rizky; Syahrian Abimanyu, Riko Simanjuntak, Ramon Bueno, Rio Fahmi; Maciej Gajos, Ryo Matsumura; Gustavo