Honda Luncurkan CB1000 Hornet Model 2025 di Eropa, Inilah Keunggulannya

JAKARTA - Pabrikan kendaraan roda dua ternama dari Jepang, Honda memperkenalkan pembaruan pada CB1000 Hornet model tahun 2025 untuk pasar Eropa.

Melansir dari Motorcyclenews, Rabu, 16 Oktober, pembaruan tersebut mencakup lampu depan proyektor LED, serta terdapat layar TFT full-color berukuran 5 inci menampilkan berbagai informasi real-time soal kendaraan ini dan konektivitas seluler.

Selain itu, Honda juga tawarkan fitur Quickshifter sebagai bagian dari salah satu dari tiga paket aksesori untuk varian model dasar.

Honda juga menjanjikan pengendalian yang tajam pada motor ini dengan pelek 17 inci yang terinspirasi dari Blade pada kedua ujungnya serta terdapat rake dan trail disetel pada 25 derajat yang masing-masing 98 mm dengan wheelbase 1.455 mm.

Menurut klaim dari merek, rangka baru pada CB1000 Hornet memberikan peningkatan kekakuan torsi sebesar 70 persen dibandingkan CB1000R, dengan dudukan mesin karet terbaru yang bertujuan mengurangi getaran saat berpergian.

Kemudian, motor ini juga memiliki ketinggian tempat duduk hingga 809 mm dengan dipasangkannya pasak dan flat bars yang ditinggikan sehingga posisi berkendaranya menjadi lebih sporty namun tetap nyaman.

Motor yang satu ini didukung dengan suspensi standar garpu terbalik Showa 41 mm yang dapat disesuaikan untuk redaman pramuat dan kompresi. Bagian belakang memiliki monoshock Showa yang juga bisa disesuaikan serta dipasang swingarm aluminium 619,1 mm.

Untuk mendukung sistem pengereman, dihadirkan juga kaliper depan Nissin empat piston yang dipasang secara radial dengan cakram mengambang 310 mm. Bagian belakang memiliki rotor 240 mm dengan kaliper piston tunggal lebih kecil.

Honda juga sediakan tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh pengendaranya, seperti Rain, Standard, dan Sport. Dihadirkan juga mode tambahan, yaitu User yang dapat diatur secara personal menyesuaikan karakteristik berkendara penggunanya.

CB1000 Hornet dibekali dengan mesin turunan CBR1000RR Fireblade berkekuatan hingga 112 kW pada 11.000 rpm dan 104 Nm pada 9.000 rpm dengan pergantian gigi pendek.

Sementara itu, Honda juga sediakan varian SP yang merupakan varian tertinggi dalam seri ini. Tenaganya lebih besar hingga 115,6 kW dan torsi 107 Nm.

CB1000 Hornet 2025 ditawarkan dengan opsi warna Grand Prix Red, Mat Iridium Gray Metallic, dan Pearl Glare White. Lalu, varian SP ditawarkan secara khusus warna Mat Ballistic Black Metallic dengan aksen emas di bagian garpu dan pelek metallic.

Berbicara harga, model ini ditawarkan dengan harga mulai dari 8.999 poundsterling (Rp182,9 juta) dan varian SP senilai 9.999 poundsterling (Rp203,3 juta).