Sudah Unggul 3-1, Kroasia Gagal Menang usai Ditahan Polandia

JAKARTA - Kroasia sudah unggul 3-1 tetapi gagal menang dan ditahan Polandia 3-3 di pertandingan Grup 1 League A UEFA Nations League di Stadion PGE Narodowy, Warsaw, Rabu, 16 Oktober 2024 dini hari WIB.

Polandia secara dramatis menggagalkan kemenangan Kroasia. Dalam duel itu, Kroasia sesungguhnya tertinggal lebih dulu lewat gol cepat kapten Polandia Piotr Zielinski.

Namun, Kroasia cepat bangkit dan membalikkan keadaan. Hanya saja, Luka Modric dkk gagal menjaga performa dan kebobolan dua kali sehinga Polandia mampu menyamakan skor untuk meraih satu poin.

Hasil itu membuat Kroasia gagal membayangi Portugal yang bertengger di puncak klasemen dengan poin 10. Posisi Kroasia memang tak berubah. Kroasia yang memiliki poin tujuh menduduki peringkat dua.

Dengan menyisakan dua pertandingan lagi dan unggul tiga poin dari Polandia yang berada di posisi tiga, Kroasia berpeluang lolos ke perempat final.

Sementara, Polandia harus bekerja keras dengan memenangkan dua laga terakhir demi membuka peluang meraih tiket ke babak selanjutnya.

Di pertandingan itu, Polandia mengawalinya dengan striker andalan Robert Lewandowski duduk di bench. Meski demikian, mereka melakukan start mengesankan. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Zielinski berhasil membobol gawang Kroasia dari sudut yang sempit.

Gol mantan pemain Napoli yang kini membela Inter Milan ini membawa Polandia unggul 1-0. Mereka pun menunjukkan agresivitas menyerang Kroasia.

Hanya, tuan rumah kehilangan momen yang membuka harapan Kroasia mengejar ketinggalan. Serangan beruntun Kroasia pun langsung membuahkan hasil. Bahkan tim asuhan Zlatko Dalic ini langsung mencetak tiga gol dalam tempo tujuh menit.

Gelandang Borna Sosa mengawali gol-gol Kroasia setelah menyambar bola rebound di menit 19. Tendangan voli Sosa mengarah ke sudut atas gawang yang gagal diselamatkan kiper Marcin Bulka.

Selanjutnya, Petar Sucic membawa Kroasia berbalik unggul menjadi 2-1 di menit 24. Dan, hanya berselang dua menit, Kroasia sudah unggul 3-1 lewat gol Martin Baturina.

Namun Polandia berhasil bangkit untuk mengejar ketinggalan. Pemain tengah Nicola Zalewski sukses membobol gawang Dominik Livakovic menjelang akhir babak pertama. Skor berubah menjadi 3-2 saat turun minum.

Gol Zalewski rupanya memacu semangat pemain Polandia saat memasuki babak kedua. Mereka langsung memberi tekanan terhadap pertahanan Kroasia.

Usaha tuan rumah tak sia-sia meski mereka harus menunggu hingga menit 68. Gelandang Sebastian Szymanski sukses mencetak gol yang menyamakan skor menjadi 3-3.

Kroasia sesungguhnya berusaha memenangkan laga tersebut. Namun upaya mereka menemui hambatan karena kehilangan kiper Livakovic yang mendapat kartu merah di menit 76. Dirinya langsung diusir wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Lewandowski.

Hanya, Polandia gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Skor imbang 3-3 itu bertahan hingga laga usai.