Yovie Widianto hingga Raffi Ahmad, Latar Belakang Para Publik Figur yang Dipanggil Prabowo

JAKARTA - Sejumlah wajah publik figur selama dua hari ini terlihat wara-wari di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, di Kertanegara, Jakarta. Mulai dari mantan istri Ahok, Veronoca Tan, Yovie Widianto, hingga Raffi Ahmad.

Kehadiran mereka diprediksi kuat akan menjadi bagian di pemerintahan Prabowo. Mulai dari menduduki jabatan Menteri hingga wakil Menteri. Lantas, apa latar belakang para publik figur tersebut?

Berikut ini rangkuman tim VOI yang akan membahas latar belakang karier hingga Pendidikan para publik figur yang dipanggil Prabowo Subianto.

1. Veronica Tan

Veronica Tan (Ist)

Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah mencuri perhatian publik setelah digadang-gadang bakal jadi Menteri. Kedatangannya memicu spekulasi bahwa ia akan bergabung sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Lulusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan ini pernah aktif di berbagai organisasi sosial, termasuk sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta dan Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta.

Saat ini, Veronica mendedikasikan waktunya untuk dunia bisnis. Ia menginisiasi aplikasi LoveCare, sebuah platform yang menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan home care seperti perawat, caregiver, dan babysitter.

Melalui LoveCare, Veronica turut membawa nama Indonesia ke kancah internasional dalam forum APEC di Taipei, Taiwan pada September 2024.

2. Yovie Widianto

Yovie Widianto (Antara)

Musisi ternama sekaligus komposer, Yovie Widianto, ikut dipanggil Prabowo. Ia mengaku iminta untuk membantu Prabowo di bidang ekonomi kreatif.

"Diminta membantu di bidang ekonomi kreatif. Jadi mungkin lebih ke mana arahan tentang industri kreatif ke depannya," kata Yovie kepada wartawan.

Dikenal sebagai salah satu pendiri dan pemimpin grup musik Kahitna di posisi keyboard dan piano. Yovie termasuk pencipta lagu produktif di belantika musik Indonesia. Ia bahkan sukses mengorbitkan banyak lagu pop beserta penyanyinya melalui karya-karyanya yang bernuansa cinta.

Serius di dunia musik tak membuat Yovie melupakan pendidikan. Tercatat, Yovie berhasil menyelesaikan kuliah di Jurusan Hubungan Internasional Fisip Unpad, Bandung dengan predikat cum laude.

3. Giring Ganesha

Giring Ganesha (Antara)

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo atau yang akrab disapa Giring Nidji, muncul di kediamanan Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, pada Selasa, 15 Oktober 2024, saat pemanggilan calon wakil menteri dan kepala badan.

Ia hanya menegaskan bahwa dirinya dan politikus partai Gerindra Fadli Zon yang diisukan menjadi calon Menteri Kebudayaan, telah mendapat tugas besar membangun bangsa dan negara.

Sebelumnya, Giring merupakan mantan vokalis grup musik Nidji yang beraliran british pop. Pada 31 Desember 2017, ia mengundurkan diri sebagai vokalis utama Nidji demi fokus di dunia politik.

Giring sempat menempuh Pendidikan dengan masuk ke Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Paramadina, tetapi ia mengambil cuti kuliah pada 2005. Namun, itu tidak ia teruskan dan justru meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Terbuka pada 18 April 2023.

4. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad mengaku diminta Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk bekerja sama dalam pemerintahan mendatang. Disampaikan Raffi usai menemui Prabowo di kediamannya bahwa kerja di pemerintahan nanti sesuai dengan bidang yang digelutinya selama ini.

Raffi Farid Ahmad atau biasa dikenal dengan panggilan Raffi Ahmad. dalah seorang aktor, pembawa acara, penyanyi, pengusaha, selebritas internet, dan produser asal Indonesia. Sebagai keturunan Sunda dan Pakistan. Raffi juga pendiri perusahaan RANS Entertainment.

Usai lulus SMA, ia mengenyam bangku kuliah di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka. Namun, tidak ada yang lulus sebagai sarjana.

Tetapi, baru-baru ini Raffi mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM). Gelar oitu pun menuai kontroversi karena hasil investigasi Ditjen Dikti Kemendikbudristek tak menemukan ada aktivitas operasional perguruan tinggi maupun perkantoran UIPM. Hasil investigasi juga menunjukkan UIPM belum memiliki izin operasional di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. Gus Miftah

Gus Miftah (Ist)

Pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah mengaku tidak diminta untuk menjadi wakil menteri oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Gus Miftah, Prabowo menugaskannya untuk fokus pada masalah-masalah toleransi.

Gus Miftah pernah berkuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tetapi tidak selesai di tahun akhir. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung Semarang pada 2023.

Sebagai ustaz, ia berdakwah ke kaum marjinal. Namanya mulai dikenal ketika video dirinya saat memberikan pengajian di salah satu kelab malam di Bali viral.