Begini Cara Hilangkan Kata Sandi dari File PDF

JAKARTA – PDF, format dokumen digital yang dibuat Adobe, bisa dikunci oleh orang yang membuat file-nya. Dengan mengunci PDF, pengguna bisa menjaga keamanan file mereka yang berisi informasi sensitif.

Meski beberapa pengguna tahu cara untuk mengunci PDF, banyak yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan kunci tersebut. Jika Anda ingin menghilangkan kata sandi dari file PDF, berikut ini caranya, dilansir dari How to Geek. 

Buka Kata Sandi PDF

Sebenarnya, menghilangkan kata sanding tidak sesulit itu. Bahkan, Anda bisa menghilangkannya dengan cara menyimpan ulang file. Misalnya dengan memilih opsi Save As atau ketuk tombol Simpan melalui jendela pengaturan untuk mencetak file.

Opsi pertama, yaitu menyimpan ulang PDF dengan opsi Save As bisa dilakukan di Windows 10 maupun Windows 11. Jika opsi ini tidak tersedia, Anda bisa menekan tombol Ctrl + P di keyboard untuk mengakses pintasan Print.

Setelah itu, jendela pengaturan untuk cetak file muncul, pilih opsi Cetak ke PDF. Tak hanya di Windows, kemampuan menyimpan file baru PDF saat membuka jendela Print juga bisa dilakukan di perangkat dengan sistem macOS.

Jika Anda ingin melakukan cara yang lebih rumit, Anda bisa membuka berkas melalui Adobe Acrobat Pro, lalu masukan kata sandinya. Setelah itu, klik menu di pojok kiri atas, lalu gulir ke bawah untuk memilih menu Perlindungan.

Selanjutnya, pilih Properti Keamanan, klik kotak Metode Keamanan, pilih Tidak Ada Keamanan, lalu klik OK. Setelah jendela mengambang hilang dari layar, file PDF yang sebelumnya terenkripsi bisa diakses secara bebas tanpa perlu memasukkan kata sandi.