Tips Sukses Jualan Online agar Semakin Banyak Orderan

JAKARTA - Kehadiran fitur live streaming mampu menarik para pelaku usaha untuk menjual produk jualannya lewat media sosial maupun e-commerce. Jualan dengan live streaming bisa lebih efisien, karena penjual bisa langsung berinteraksi dengan pelanggannya.

Reza Nurhilman, Owner Maicih mengakui fitur live streaming di e-commerce membantu para pelaku bisnis untuk berjualan produk. Para konsumen dimudahkan dengan adanya online shop. Ditambah lagi, online shop tersebut terdapat fitur live streaming.

"Sekarang dimudahkan kemajuan teknologi dan kemauan konsumen dengan online. Orang dengan mudah belanja online. Sekarang pilihan belanja banyak di Shopee kayak sayur mayur, daging," ujar Reza Nurhilman melalui Webinar 'Jelajahi Rasa Lewat Kreasi Lokal Bersama Shopee' pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Selain itu, Reza menyebut banyak orang yang menyukai produk diskon, cashback, dan lain sebagainya. Reza mengaku memanfaatkan fitur live Shopee di malam hari.

"Belum lagi males macetnya, sekarang tinggal pilih bahkan bisa sameday. Nah fitur coba upayakan maksimalkan Shopee live, kita setiaphari jam 8 malam Shopeelive. Ada flashsale dan program promo, kita punya promo Maichi, free ongkir yang minat pembeli," tambahnya.

Fokus dan menjadi strategi, fitur ini membawa Maicih pada lonjakan produk terjual lebih dari 54 kali lipat saat sesi live streaming di awal tahun 2024. Bahkan, Shopee Live juga berkontribusi lebih dari 32% dari total penjualan Maicih selama setahun terakhir.

Melalui konten yang menarik dan riset tren, Maicih tidak sekadar menjual produk, tetapi juga berbagi cerita, menampilkan proses pembuatan camilan, dan menjawab pertanyaan langsung dari para penonton yang sukses menjadikan Maicih semakin dekat dengan konsumennya.

Sementara itu, Titan Tyra yang merupakan Co-founder of Secondate & Madcoco juga mengaku mendapatkan manfaat usai berjualan lewat live streaming.

"Aku awalnya belajar-belajar live, pakai promo, voucher tapi sangat membantu. Ada live spesial dengan tim live Shopee. Aku disana lebih dekat costumer, bisa ditanya tentang jenis-jenis kulit," imbuhnya.

"Teman-teman bingung ini murah banget. Tim Shopee sering komunikasi lewat live dan mereka senang bisa gratis ongkir, semua fitur harus banget digunakan," tutupnya.