Profil Ribka Haluk, Sosok Wanita Berpengaruh dari Papua yang Dipanggil Bersama Calon Menteri Prabowo

YOGYAKARTA - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM, menerima undangan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk berkunjung ke kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, pada hari Senin (14/10/2024). Lantas seperti apa profil Ribka Haluk yang diprediksi kuat bakal mengisi jajaran Menteri Pemerintahan Prabowo-Gibran?

Setelah bertemu dengan Prabowo, Ribka Haluk memilih untuk tidak mengungkapkan detail pembicaraan mereka. Ia menyebutkan bahwa dirinya akan diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas-tugas pada masa pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Belum bisa kami sampaikan, nanti tunggu setelah diumumkan. Posisi saya saat ini Pj Gubernur Papua Tengah, dari Papua bisa dipercayakan kami," katanya kepada wartawan.

Kehadiran Ribka Haluk di Kertanegara memunculkan spekulasi kuat bahwa ia akan mengisi posisi Menteri. Jika hal ini terwujud, maka akan menjadi momen bersejarah bagi masyarakat di Tanah Papua. Ribka Haluk berpotensi menjadi perempuan pertama dari wilayah Papua Pegunungan yang dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri.

Profil Ribka Haluk

Ribka Haluk adalah sosok perempuan Papua yang memiliki karier gemilang sebagai birokrat. Saat ini, ia juga tercatat sebagai perempuan asli Papua pertama yang menjabat sebagai Gubernur. Lahir pada 10 Januari 1971 di Piramid, Kabupaten Jayawijaya, Ribka Haluk memiliki perjalanan karier yang mengesankan.

Ribka Haluk pernah berkarier di Kementerian Dalam Negeri sebagai Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik di Sekretariat Jenderal. Selain menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Ribka juga masih tercatat sebagai Sekretaris Daerah definitif di Provinsi Papua Tengah.

Sebelum diangkat menjadi Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik. Namanya sudah dikenal dalam pemerintahan Papua, karena ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil di wilayah tersebut.

Pada masa kepemimpinan Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua, Ribka Haluk dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial selama lebih dari delapan tahun. Ia juga pernah dua kali diangkat sebagai Penjabat Bupati, yaitu di Kabupaten Mappi dan Kabupaten Yalimo. Pada 26 Agustus 2021, Ribka dilantik sebagai Penjabat Bupati Yalimo.

Saat ini, Ribka Haluk kembali mencatat sejarah dalam kepemimpinan di Papua. Dirinya menjadi perempuan Papua pertama yang berhasil menduduki posisi Gubernur di wilayah tersebut.

Kekayaan Ribka Haluk

Daftar harta kekayaan Ribka Haluk telah dilaporkannya kepada KPK pada 22 Februari 2022 untuk periode tahun 2021. Berikut ini aset atau kekayaan yang dimiliki Ribka Haluk berdasarkan elhkpn.kpk.go.id. 

Ribka Haluk memiliki aset berupa tanah dan bangunan di Kota Jayapura senilai Rp 250 juta. Selain itu, ia juga memiliki dua bidang tanah dan bangunan yang diperoleh dari warisan. Masing-masing tanah dan banunan tersebut bernilai Rp 1 miliar, terletak di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayawijaya. 

Selain aset properti, Ribka Haluk juga memiliki kendaraan bermotor senilai Rp 13 juta. Harta bergerak lainnya yang dimilikinya bernilai Rp 80 juta, serta kas atau setara kas senilai Rp 50 juta. Meskipun demikian, Ribka juga memiliki utang sebesar Rp 100.090.272, sehingga total kekayaannya mencapai Rp 2.292.909.728.

Demikianlah profil Ribka Haluk yang ikut hadir di kediaman Prabowo bersama para calon menteri lainnya. Ribka Haluk merupakan tokoh politik perempuan dari tanah Papua yang sudah memiliki rekam jejak cukup panjang. Baca juga daftar calon menteri yang dipanggil Prabowo pada Senin malam lalu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.