Raih Pesanan 50 Unit, BMW Skytop Concept Masuk Produksi

JAKARTA - BMW mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi sejumlah terbatas dari konsep Skytop yang dipamerkan pada Mei lalu. Hanya 50 unit dari roadster dua-penumpang ini yang akan diproduksi.

Artinya, dengan produksi terbatas ini Skytop telah terjual habis sesuai dengan harapan CEO BMW M Frank van Meel saat perilisannya di ajang Villa d'Este Concorso d'Eleganza. 

"Ini bisa masuk produksi, apakah ada yang berminat memesannya. Saya pikir cukup tinggi dan akan terwujud dalam bentuk pesanan pembelian,” ujar CEO BMW M Frank van Meel, Mei silam.

Tidak ada pengumuman resmi tentang harga per unitnya tapi ketika konsep tersebut ditampilkan, harganya dikabarkan sekitar 542.000 dolar AS (setara Rp8,4 miliar).

Skytop akan diproduksi tanpa perubahan dari konsepnya dan memanfaatkan tenaga sebesar 617 dk dari mesin twin-turbo V-8 berbasis pada M8 Competition convertible.

Melansir Car & Driver, 15 Oktober, desain konsepnya akan diimplementasikan ke produksi dengan perubahan minimal. Bagian depan yang tajam ditekankan oleh lampu depan LED tipis, sementara lekukan tajam menghiasi sisi bodi. Atap bergaya targa didukung oleh roll bar yang dibalut kulit, dan dua panel atap, juga dilapisi kulit, bisa dilepas dengan tangan dan disimpan di kompartemen bagasi.

Warna Floating Sundown Silver yang dicat dengan tangan dari konsep juga dibawa ke produksi, dan tampaknya ini akan menjadi satu-satunya warna yang ditawarkan untuk kendaraan edisi terbatas ini. Skytop juga akan memiliki ciri khas adanya "spine" yang membentang di sepanjang kap mesin dan muncul kembali di tutup dek belakang dari batang aluminium. Sementara, pintu dapat dibuka melalui sayap kecil yang memanjang ke atas dari trim jendela perak.

Sementara itu, interiornya dilapisi dengan kulit cokelat. Pengalih gigi memiliki tampilan kristal yang elegan, dan kabin dilengkapi dengan sistem audio Bowers & Wilkins. Di bawah kap mesin terdapat mesin twin-turbocharged 4.4-liter V-8 ini menyalurkan tenaga ke keempat roda melalui transmisi otomatis delapan kecepatan. BMW mengeklaim Skytop memiliki akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,3 detik.