IHSG Selasa Menguji Level 7.600, Simak Rekomendasi Sahamnya

JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bakal menguji level 7.600 pada hari ini, Selasa 15 Oktober. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang resistance 7.600, pivot 7.550, dan support 7.500.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, IHSG bergerak sesuai perkiraan dengan tutup di atas pivot 7.550 di Senin kemarin. Secara teknikal, MACD terus menunjukan penyempitan negative slope.

"Dengan demikian, IHSG hari ini diperkirakan uji resistance di 7.600," tulis Phintraco Sekuritas..

Dari eksternal, Phintraco Sekuritas menambahkan, pasar menantikan rilis data tingkat pengangguran Inggris untuk bulan Agustus yang diperkirakan stabil di level 4,1 persen. Selain itu, dari kawasan eropa akan merilis data ZEW Economic Sentiment Index untuk Oktober yang diproyeksikan akan tumbuh ke level 16.90 dari level sebelumnya sebesar 9.30 di bulan September.

“Data-data tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari pemangkasan suku bunga acuan ECB di pertengahan tahun 2024 mulai berdampak ke ekonomi riil,” papar Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas menyebut, pasar mengantisipasi data cadangan devisa dan Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) yang akan dirilis pada tengah pekan ini. Terkait hal ini, harga minyak bumi melemah lebih dari 2 persen di Senin 14 Oktober, dipicu oleh revisi negatif atas global oil demand oleh OPEC.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang bisa dipilih investor hari ini, yaitu AALI, PTBA, TKIM, BBTN dan AMRT.