Lagi, Wasit Timur Tengah Omar Al Ali Akan Pimpin Laga China vs Indonesia, Warganet Khawatir

JAKARTA - Wasit asal Timur Tengah, Omar Al Ali, akan kembali memimpin laga Timnas Indonesia.

Pengadil asal Uni Emirat Arab (UEA) itu dijadwalkan menjadi wasit utama saat China menjamu Indonesia di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa, 15 Oktober 2024.

Kabar tersebut tentu membuat warganet Indonesia khawatir jika kembali dipimpin wasit asal Timur Tengah.

Sebelumnya diketahui, kemenangan Indonesia atas Bahrain sirna setelah wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, membuat keputusan kontroversial.

Sakit hati di laga kontra Bahrain itu membuat warganet Indonesia beramai-ramai menyambangi media sosial Omar Al Ali, @omaralali2000. Lantaran banyaknya tekanan di media sosial, Omar langsung memproteksi akun Instagram tersebut.

Sementara itu, wasit bernama lengkap Omar Mohamed Ahmed Hassan Al-Ali merupakan pengadil kenamaan yang mulai memimpin Liga UEA pada 2018. Dia pun sudah memegang lisensi FIFA.

Omar sejatinya sudah tidak asing dengan Indonesia. Soalnya, dia menjadi salah satu wasit yang memimpin laga Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Omar sudah memimpin partai Australia vs Bahrain.

Omar memberikan kartu merah kepada Kusini Yengi sehingga Australia bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-77. Buntutnya, Socceroos takluk 0-1 dari Bahrain yang mendapat kemenangan melalui gol bunuh diri Harry Souttar pada menit ke-89.

Omar Al Ali diharapkan bisa memimpin dengan adil mengingat duel Indonesia nanti tidak melawan tim Timur Tengah seperti sebelumnya.