Hingga September, Daihatsu Bukukan Penjualan Lebih 129 Ribu Unit di Indonesia

JAKARTA - Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil kantongi penjualan ritel mencapai 129.848 unit selama sembilan bulan pertama atau berkontribusi sebesar 19,8 persen terhadap pasar otomotif nasional mencapai sekitar 657.000 unit.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono, mengatakan pihaknya ucapkan rasa terima kasih kepada pelanggan di tanah air yang selama ini telah mempercayakan produknya.

Ia juga berharap bahwa kontribusi yang diberikan oleh pabrikan ini dapat menumbuhkan pasar otomotif Indonesia dalam beberapa waktu kedepan.

“Terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada Daihatsu. Kami berharap, pasar otomotif Indonesia dapat terus bertumbuh ke depannya,” kata Tri dalam siaran resminya, Senin, 14 Oktober.

Sementara itu, penjualan Daihatsu tetap didominasi oleh MPV 7-seater Sigra sebanyak 42.781 unit atau berikan kontribusi 33 persen terhadap penjualan merek ini di Indonesia.

Di posisi kedua, model terlaris berikutnya ialah Gran Max Pick Up berjumlah 31.564 unit atau berkontribusi 24 persen dan Terios mencapai 15.604 unit atau menyumbang 12 persen dari keseluruhan penjualan Daihatsu.

Dalam hal segmen, model Sigra berkontribusi sebesar 59 persen pada pasar LCGC MPV, diikuti oleh Gran Max Pick Up yang berkontribusi besar terhadap Pick Up Low hingga 57 persen. Sementara itu, Gran Max Mini Bus menyumbang 91 persen terhadap segmen Semi Commercial di Indonesia.

Hasil tersebut juga mengkokohkan posisi Daihatsu sebagai merek otomotif terlaris kedua setelah Toyota dengan jumlah 217.608 unit atau menyumbang 33,1 persen terhadap pasar otomotif Indonesia.

Sementara selama bulan September 2024, pabrikan kantongi penjualan hingga 12.490 unit atau menurun 18,9 persen dibandingkan torehan tahun lalu pada periode yang sama.