Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan jika Terjebak di Lift

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda membayangkan terjebak sendirian di dalam lift? Jangan panik! Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap tenang dan meminta bantuan. Lantas apa yang harus dilakukan jika terjebak di lift?

Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang perlu diambil jika Anda terjebak di dalam lift, mulai dari cara menghubungi petugas hingga cara menjaga ketenangan diri.

Apa yang harus dilakukan jika terjebak di lift?

Dilansir dari Rom Claw, berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan ketika Anda terjebak lift:

  • Hubungi Nomor Darurat

Hal pertama yang ingin Anda lakukan jika terjebak di lift adalah menghubungi 911 dan memberi tahu mereka apa yang telah terjadi. Petugas dispatch dapat kemudian mengirim polisi dan petugas pemadam kebakaran sesuai kebutuhan untuk membantu Anda.

  • Tetap tenang

Sulit untuk berpikir jernih ketika Anda histeris. Dengan tetap tenang, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik. Cobalah bernapas perlahan dan ingatkan diri Anda bahwa Anda mungkin tidak dalam bahaya nyata.

  • Cari sumber cahaya

Kadang-kadang ketika lift terjebak, lampu akan padam. Jika demikian, coba gunakan senter di ponsel Anda atau cahaya lain yang Anda miliki untuk melihat orang-orang di sekitar Anda dan panel lift untuk menekan tombol yang benar. Ingatlah untuk menghemat daya baterai jika Anda membutuhkan ponsel Anda lagi.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Sembunyikan Chat WA Dengan Kode Rahasia: Chat Auto Aman!

  • Coba tekan tombol "Buka Pintu" dan "Tutup Pintu"

Seperti kebanyakan elektronik, jika Anda menemukan bahwa lift terjebak dan tidak berfungsi dengan baik, Anda mungkin ingin melakukan pemecahan masalah. Untuk lift, ini mungkin berarti mencoba menekan tombol "Buka Pintu" dan "Tutup Pintu".

Jika ini tidak efektif, Anda juga dapat mencoba menekan lantai di atas atau di bawah Anda. Jika Anda mencoba tiga tombol ini dan tidak membantu, lanjutkan ke saran berikutnya - jangan terus menekan tombol tersebut.

  • Coba tekan tombol panggilan

Anda dapat mencoba menekan tombol "Panggilan", yang sering ditampilkan sebagai tombol dengan gambar telepon di atasnya. Tombol Panggilan membantu menghubungkan Anda dengan teknisi, yang akan memberitahu tentang masalah Anda.

  • Gunakan tombol alarm

Tombol alarm pada lift berguna untuk memberi tahu orang-orang di dalam gedung bahwa seseorang di lift membutuhkan bantuan (biasanya karena terjebak).

Jika alarm gagal menghubungkan Anda dengan staf pemeliharaan, coba bunyikan lagi dan coba kembali. Namun jika bagian pemeliharaan tidak mendengarnya, ada kemungkinan besar bahwa seseorang di gedung akan mendengarnya dan kemudian memberitahu petugas yang berjaga.

  • Berteriaklah

Jika setelah menekan tombol buka pintu, tutup pintu, panggil, dan alarm Anda masih tidak dapat menghubungi siapa pun untuk meminta bantuan, hal terbaik berikutnya adalah mencoba berteriak meminta bantuan. Jika tidak ada yang menanggapi segera, Anda juga dapat mencoba memukul pintu lift dengan benda untuk menarik perhatian.

  • Tunggu dengan sabar

Setelah Anda terhubung dengan staf pemeliharaan atau orang lain di gedung, sangat penting untuk menunggu dengan sabar bantuan tiba. Kemungkinan besar Anda akan dibantu keluar dari lift dalam waktu hanya setengah jam.

jangan panik, tunggu sampai petugas mendatangi Anda (freepik)
  • Bicaralah dengan orang-orang di sekitar Anda

Saat Anda menunggu bantuan, menyenangkan untuk mengobrol dengan orang-orang lain di lift (jika ada). Selain itu, menjadi sangat bermanfaat untuk mengalihkan pikiran Anda dari situasi saat ini dengan terlibat dengan orang-orang di sekitar Anda.

Selain apa yang harus dilakukan jika terjebak di lift, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!