Shin Tae-yong Paham Mengapa Pemain Timnas Indonesia Marah kepada Wasit

JAKARTA - Timnas Indonesia sebetulnya bisa mempermalukan Bahrain pada laga ketiga Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis, 10 Oktober 2024.

Andai tidak ada keputusan kontroversial dari wasit Ahmed Al Kaf, Skuad Garuda jelas meraih tiga poin dengan kemenangan 2-1.

Namun, wasit asal Oman itu memberi toleransi waktu tidak serharusnya. Dari injury time hanya enam menit, jadi berlangsung sampai sembilan menit untuk menunggu gol penyama kedudukan Bahrain pada menit ke-90+9.

Ahmed Al Kaf baru meniup peluit panjang setelah Timnas Indonesia melakukan tendangan tengah.

Tak heran, Ahmed Al Kaf jadi sasaran kemarahan pemain Timnas Indonesia, juga Shin Tae-yong. Malahan, Ahmed Al Kaf memberikan kartu merah di pengujung laga usai gol kedua Bahrain kepada Manajert Timnas Indonesia, Sumardji.

Shin Tae-yong pun tampak kesal selepas laga. Dia mengungkapkan unek-uneknya soal wasit Ahmed Al Kaf yang dianggap tidak fair.

Dia melihat selama pertandingan banyak keputusan dari wasit asal Oman itu yang merugikan Timnas Indonesia.

"Soal tambahan waktu, seharusnya enam menit, tapi menjadi lebih dari sembilan menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias."

"Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal dengan keputusan-keputusan tersebut," tuturnya Shin Tae-yong.

Karena kepemimpinan kontroversial itu, Shin Tae-yong sampai menyindir Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut AFC perlu berbenah soal kualitas wasit agar sepak bola Asia berkembang.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia tak mau meratapi hasil tersebut. Mereka langsung menatap laga berikutnya melawan China.

Skuad Garuda dijadwalkan bertandang ke China untuk laga keempat Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 15 Oktober 2024.