Intel Luncurkan Prosesor AI PC Pertama di Dunia, Main Gim Jadi Makin Canggih

JAKARTA - Intel baru saja meluncurkan prosesor desktop dengan kemampuan AI pertama di dunia, Intel Core Ultra 200S series, yang menawarkan performa luar biasa untuk para penggemar teknologi dan gamer. 

Prosesor ini dilengkapi dengan hingga 8 Performance-cores dan 16 Efficient-cores yang secara keseluruhan akan memberikan peningkatan performa hingga 14 persen dibandingkan generasi sebelumnya. 

Dengan integrasi NPU (Neural Processing Unit) dan GPU Xe bawaan, prosesor ini juga mendukung fitur-fitur AI yang berguna untuk meningkatkan pengalaman gaming dan pembuatan konten.

"Prosesor Intel Core Ultra 200S series terbaru ini memenuhi tujuan kami untuk mengurangi penggunaan daya secara signifikan sekaligus mempertahankan performa gaming yang luar biasa dan menghadirkan komputasi terdepan,” kata Robert Hallock, vice president and general manager of AI and Technical Marketing, Client Computing Group. 

Prosesor Intel Core Ultra 200S juga dirancang untuk efisiensi daya, mengurangi konsumsi energi hingga 58 persen dalam penggunaan harian dan 165W saat bermain gim. 

“Hasilnya adalah pengalaman pengguna yang lebih dingin dan lebih senyap, yang ditingkatkan oleh kemampuan AI gaming dan kreasi AI, berkat NPU dan performa media terdepan yang memanfaatkan portofolio grafis kami yang terus berkembang,”  lanjut Hallock. 

Selain itu, Intel juga menambahkan fitur overclocking ditingkatkan dan konektivitas canggih dengan dukungan PCIe 5.0, Wi-Fi 6E, dan Thunderbolt 4. Prosesor ini akan tersedia di pasaran mulai 24 Oktober 2024.