Shin Tae-Yong Sindir AFC Buntut Kepemimpinan Kontroversial Wasit di Laga Bahrain vs Indonesia

JAKARTA- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, langsung bereaksi keras selepas laga kontra Bahrain di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dipicu kontroversi wasit, Shin Tae-yong juga menyindir Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Pada pertandingan yang digelar Kamis, 10 Oktober 2024, malam WIB, Timnas Indonesia secara kontroversial ditahan imbang Bahrain 2-2.

Hasil tersebut jelas tak bisa diterima karena kinerja wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, yang sering merugikan Indonesia.

Bahkan, gol penyama kedudukan Bahrain yang dicetak Mohamed Marhoon terjadi saat injury time babak kedua berjalan sembilan menit. Padahal, wasit Al Kaf hanya memberi wasit tambahan sebanyak enam menit.

Shin Tae-yong mengatakan AFC harus memperbaiki kinerja wasit di Asia. Ia dengan tegas menyebut jika AFC tidak memperbaiki kemampuan wasit, maka sepak bola Asia tidak akan berkembang.

"Kedua tim Bahrain dan Indonesia melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga dikutip pada Jumat, 11 Oktober 2024.

"Namun, tetap saya harus menyebutkan tentang hal yang Anda tahu, beberapa hal yang memalukan. Dalam hal ini keputusan wasit, kalau AFC mau berkembang, keputusan wasit juga harus diperbaiki," tuturnya.

Pada laga itu, Timnas Indonesia nyaris melakukan comeback apik. Meski sempat tertinggal lewat gol Marhoon pada menit ke-15, Indonesia sukses membalikkan kedudukan 2-1 lewat gol Ragnar Oratmangoen (45+3) dan Rafael Struick (74).

Namun, gol telat Marhoon saat injury time berjalan sembilan menit membuyarkan kemenangan Timnas Indonesia. Gol itu kemudian diprotes pihak Timnas Indonesia karena wasit semula hanya memberi perpanjangan waktu enam menit.