5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Mangga

JAKARTA - Banyak orang menyukai mangga, karena rasanya yang manis. Selain rasanya manis, mangga memiliki kandungan gizi. Buah ini menyegarkan dahaga dan sangat cocok dikonsumsi di musim panas.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada makanan tertentu yang sebaiknya dihindari untuk tak dikonsumsi bersamaan dengan mangga?

Konsultan ahli gizi Rupali Datta menjelaskan sejumlah makanan-makanan ini dianggap tidak cocok bersamaan dengan mangga, karena kandungan nutrisinya yang berlawanan.

Seperti halnya, satu makanan mungkin panas dan yang lainnya dingin. Mungkin saja, kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang sama.

"Makanan seperti itu, jika dikonsumsi bersama-sama, dapat menyebabkan penyakit dan ketidakseimbangan dalam tubuh," kata Rupali Datta, seperti dilansir dari laman NDTV.

Berikut 5 Makanan yang sebaiknya jangan dikonsumsi bersamaan dengan mangga.

1. Yogurt

Banyak orang suka menyantap yogurt dengan mangga. Namun, konon katanya yogurt dan mangga bukanlah kombinasi yang baik untuk pencernaan. Karena mangga cenderung menghasilkan panas dalam tubuh dan yogurt memiliki efek pendinginan. Sifat keduanya berlawanan. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan dalam proses pencernaan, yang berujung pada masalah perut.

2. Es Krim

Makanan lain yang harus dihindari untuk berbarengan dengan mangga adalah es krim. Meskipun kebanyakan dari orang-orang suka menambahkan potongan mangga segar di atas es krim vanila selama musim panas, hal ini kurang sehat. Perbedaan suhu dapat memengaruhi proses pencernaan. Jika Anda berencana menyantap es krim dengan mangga, sebisa mungkin hindarilah.

3. Buah Jeruk

Menurut beberapa penelitian, disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan tertentu secara bersamaan, termasuk buah jeruk dengan mangga. Menggabungkan buah-buahan seperti jeruk, beri, dan kiwi dengan mangga dapat mengganggu keseimbangan pH tubuh. Dengan demikian, hal ini dapat berdampak drastis pada proses pencernaan.

4. Soda

Jika Anda termasuk orang yang gemar minum soda bersamaan dengan mangga, sebaiknya hentikan sekarang juga. Baik mangga maupun minuman soda mengandung banyak gula. Jika dikonsumsi bersamaan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Disarankan juga untuk menghindari konsumsi alkohol dengan mangga, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Makanan Pedas

Banyak orang gemar menyantap mangga dengan makanan pedas. Makanan pedas seperti kari atau sabzi dapat meningkatkan panas tubuh dan menghambat proses pencernaan. Orang yang sering mengalami refluks asam sebaiknya menghindari perpaduan makanan ini.