Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024: Begini 5 Tips Ciptakan Mental Sehat di Lingkungan Kerja

JAKARTA - Hari kesehatan mental sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober, merupakan salah satu momen penting dan upaya meningkatkan kesadaran global tentang kesehatan mental. Salah satunya yaitu menjaga kesehatan mental di dunia kerja.

Sebagai tempat di mana banyak individu menghabiskan sebagian besar waktunya, perusahaan atau organisasi perlu memperhatikan kondisi lingkungan kerja yang mendukung kesehatan mental pegawainya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan pegawai agar dapat menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja melansir Mental Health, Kamis, 10 Oktober.

Bicarakan tentang perasaan Anda

Berbicara tentang perasaan dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental dan menghadapi saat-saat ketika Anda merasa tertekan. Memang sulit rasanya mengutarakan perasaan di tempat kerja. Tapi, jika Anda memiliki rekan kerja yang dapat diajak bicara, atau manajer yang menanyakan kabar di sesi supervisi, itu bisa sangat membantu. 

Carilah seseorang yang membuat Anda merasa nyaman dan yang akan mendukung Anda. Jika tidak merasa mampu membicarakan perasaan di tempat kerja, pastikan ada seseorang yang dapat diajak berdiskusi tentang tekanan pekerjaan.

Perhatikan tingkat aktivitas Anda

Menggerakkan badan secara teratur mampu tingkatkan rasa percaya diri, konsentrasi, dan kualitas tidur. Bergerak tidak hanya berarti olahraga atau nge-gym. Para ahli mengatakan bahwa kebanyakan orang dewasa harus melakukan beberapa bentuk aktivitas fisik setiap hari. Cobalah menjadikan aktivitas fisik yang Anda nikmati sebagai bagian dari hari Anda.

Makan dengan baik

Apa yang dimakan dapat memengaruhi perasaan baik secara langsung maupun dalam jangka panjang. Pola makan yang baik untuk kesehatan fisik juga baik untuk kesehatan mental. Mungkin sulit mempertahankan pola makan sehat di tempat kerja. Makan teratur, ditambah minum banyak air, adalah hal ideal. Coba rencanakan waktu makan di tempat kerja, membawa makanan dari rumah, atau pilih makanan sehat saat membeli makan siang.

Kelola hubungan Anda

Hubungan merupakan kunci kesehatan mental . Bekerja dalam tim suportif sangat penting bagi kesehatan mental di tempat kerja. Anda tidak selalu bisa memilih partner untuk bekerja dan jika Anda tidak akur dengan manajer, kolega, atau klien, hal itu dapat menimbulkan ketegangan. Mungkin Anda perlu lebih banyak merawat diri sendiri pada saat-saat ini, tetapi Anda mungkin juga perlu mengatasi kesulitan.

Politik di tempat kerja dapat menjadi tantangan nyata ketika Anda memiliki masalah kesehatan mental. Akan sangat membantu jika Anda menemukan mentor atau sekelompok kecil kolega terpercaya yang dapat diajak berdiskusi tentang perasaan dan pekerjaan, untuk memeriksa dan membantu Anda mengatasi tantangan. Cobalah dan pastikan Anda menjaga persahabatan dan hubungan keluarga bahkan ketika pekerjaan sedang padat, keseimbangan kehidupan dan pekerjaan itu penting.

Fokus Terhadap Hal Positif

Penyakit mental termasuk masalah yang dapat menimbulkan masalah serius. Namun, dampak buruk yang timbul dapat dicegah dan diredam. Cobalah fokus terhadap hal positif dan pastikan orang-orang disekitar benar-benar mendukung segala hal yang Anda lakukan, serta memberi saran dibutuhkan.