Oppo Find X8 Hadirkan Fitur Inovatif untuk Kurangi Ketegangan Mata

JAKARTA -Oppo akan segera meluncurkan jajaran flagship 2024 yang didukung oleh Dimensity 9400, yaitu seri Find X8, pada 24 Oktober mendatang. Setelah berbagai bocoran, Oppo kini mulai mengungkapkan informasi secara bertahap.

Zhou Yibao dari Oppo sebelumnya menyatakan bahwa model standar Find X8 memiliki berat kurang dari 200 gram dan tebal sekitar 7mm. Dalam postingan terbaru di Weibo, ia mengungkapkan fitur perlindungan mata pada perangkat seri Find X8.

Oppo Find X8 diklaim menjadi perangkat pertama yang mendapatkan sertifikasi Rheinland Intelligent Eye Protection 4.0. Layar AMOLED biasanya menggunakan PWM (Pulse Width Modulation) untuk mengatur kecerahan dengan menghidupkan dan mematikan piksel secara cepat. Namun, pada tingkat kecerahan rendah, efek kedipan ini bisa terlihat dan menyebabkan ketegangan mata bagi beberapa pengguna.

Oppo mengatasi masalah ini dengan teknologi baru yang disebut "light-out eye protection" bersama dengan solusi hardware untuk mengurangi emisi cahaya biru. Selain itu, Oppo meningkatkan frekuensi PWM hingga 3840Hz, yang secara signifikan mengurangi lebar garis hitam pada layar yang biasanya terlihat saat kecerahan berkurang.

Selain memperbaiki masalah kedipan, perangkat Find X8 juga dapat menyesuaikan suhu warna sesuai dengan lingkungan sekitarnya, memberikan pengalaman visual yang lebih alami, terutama dalam kondisi pencahayaan hangat.

Berdasarkan hasil uji lab, solusi ini membantu mengurangi kelelahan mata hingga 75%. Namun, efektivitas klaim ini masih perlu diuji dalam penggunaan nyata.

Model standar Find X8 dilengkapi dengan layar 1.5K datar, bezel simetris, baterai 5700mAh, dan dukungan pengisian cepat 80W