Presiden Taiwan: China Gunakan Segala Cara yang Bikin Kekacauan

JAKARTA  - Presiden Taiwan Lai Ching-te dalam pidatonya mengatakan China telah menggunakan segala cara yang mungkin untuk menyebabkan "kekacauan”.

Lai, yang menjabat pada bulan Mei setelah memenangkan pemilu pada Januari, dibenci oleh China yang menyebutnya sebagai “separatis”. Beijing mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan demokratis sebagai wilayahnya sendiri.

Dalam pidatonya, Lai akan mengatakan Taiwan berada dalam situasi yang kompleks. Tiongkok terus mengganggu pulau itu secara militer dan psikologis.

China terus menekan ruang internasional Taiwan dan menggunakan segala cara untuk menyebabkan “kekacauan”, kata Lai dilansir Reuters, Rabu, 9 Oktober.

Kementerian Pertahanan China sebelumnya menegaskan kembali penolakannya terhadap penjualan senjata AS ke Taiwan setelah pemerintahan Biden menyetujui dukungan pertahanan lebih lanjut senilai 567 juta dollar AS.

“Yang perlu ditekankan adalah mempersenjatai Taiwan berarti mendorong kemerdekaan Taiwan, dan kemerdekaan Taiwan berarti perang,” kata kementerian tersebut.