Beragam Kegiatan Seru untuk Bangun Bonding Antara Orang Tua dan Anak

JAKARTA - Banyak penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bersama keluarga seperti olahraga, makan bersama, aktivitas di luar rumah dapat memperkuat hubungan emosional antar anggota keluarga, membantu meningkatkan rasa kebersamaan dan mengurangi stres.

Dalam konteks Indonesia, menurut Profil Anak Indonesia tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menunjukkan bahwa umumnya keluarga di seluruh wilayah Indonesia terbiasa untuk melaksanakan aktivitas bersama di rumah seperti makan, belajar, berbincang, hingga membaca buku bersama.

Dari variasi kegiatan yang dilakukan bersama tersebut, hanya 47,93% yang melakukan aktivitas yang umumnya dilakukan di luar rumah seperti bermain, berkreasi, atau berolahraga. Hal ini menunjukkan pentingnya menciptakan keseimbangan antara kegiatan di dalam dan luar rumah untuk memastikan kualitas bonding yang optimal.

Kabar baiknya, menurut Indonesia Millennial Report 2024, generasi milenial Indonesia kini semakin peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan keluarga mereka. Selain menganggap olahraga sebagai kunci utama untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, mereka juga lebih menghargai waktu yang dihabiskan bersama keluarga sebagai fondasi penting untuk membangun hubungan yang lebih kuat.

Arfindi Batubara, Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia menyampaikan, "Kami sangat antusias dapat mendukung Jakarta Family Walk (JFWalk) 2024 melalui American Standard. Kesehatan dan kenyamanan keluarga adalah nilai utama yang selalu kami junjung, baik dalam pengembangan produk maupun inisiatif sosial," ujar Arfindi Batubara dikutip VOI dari siaran media, Rabu, 9 Oktober.

Dalam JFWalk 2024, American Standard menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas yang mendukung pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Felicia Idama, CEO dan Co-Founder Malo Enterprise selaku penyelenggara Jakarta Family Walk 2024, menyatakan, "Kami sangat senang dapat menyelenggarakan Jakarta Family Walk untuk keempat kalinya, dan melihat antusiasme keluarga Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya," ujarnya.

Jakarta Family Walk 2024 akan menghadirkan berbagai kegiatan seperti face painting untuk anak-anak dan pemeriksaan medis. Acara ini akan hadir di tanggal 10 November dan 5 Desember mendatang.