Tinjau Uji Coba Makan Gratis Sekolah di Jakarta ada Salad dan Ayam, Gibran: Ini Menu Paling Mewah

JAKARTA - Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka turut meninjau uji coba makan gratis di sekolah yang digelar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Uji coba kali ini berlangsung di SMA Negeri 70 Jakarta.

Menu makan bergizi gratis yang disajikan Pemprov DKI kali ini berisi nasi, ayam, perkedel kentang, telur, tahu, salad, dan pisang. Paket makanan tersebut dibungkus dalam boks berbahan karton.

Kepada Heru, Gibran menyebut bahwa menu makan gratis yang disajikan Pemprov DKI paling mewah dibanding uji coba makan gratis di daerah lain. Bahkan, Gibran membandingkan dengan uji coba di sekolah di Hambalang, Jawa Barat.

"Ini saya lihat menu hari ini termasuk yang paling mewah pak. Kalau kemarin kami melihat, minggu lalu ya kami mengecek beberapa tempat di Hambalang, Sentul, Ini saya kira hari ini yang paling lengkap, paling mewah," ucap Gibran di SMAN 70 Jakarta, Rabu, 9 Oktober.

Gibran menangkap respons para siswa saat menerima makanan gratis ini cukup baik. Sehingga, putra sulung Presiden Joko Widodo ini berharap program andalan Prabowo Subianto dan dirinya dalam pemerintahan 5 tahun mendatang bisa dieksekusi dengan baik.

Mengingat, sejumlah pemerintah daerah sudah melakukan uji coba makan gratis di berbagai jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

"Kita ingin nanti ketika program ini dieksekusi ini bisa berjalan dengan baik. Karena program ini adalah, salah satu program yang paling ditunggu-tunggu oleh para siswa, orang tua murid," jelas Gibran.

Di satu sisi, Gibran mengaku saat ini pihaknya belum selesai mengkaji mekanisme makan gratis di sekolah yang menjadi program andalan tersebut. Gibran juga belum tahu siapa yang menjadi penyedia makanan jika program ini resmi terlaksana.

"Sekali lagi saya dan Pak Presiden terpilih terus mengkaji dan mencari formulasi terbaik untuk program ini. Entah besaran anggarannya, ataukah pakai central kitchen, memanfaatkan UMKM, nanti akan segera kami putuskan," ucap Gibran.

Melanjutkan, Heru mengaku biaya makan gratis per porsi yang digelar Pemprov DKI lebih mahal dibanding yang dianggarkan pemerintahan Prabowo. Prabowo menganggarkan seporsi makanan Rp15 ribu.

Sementara, Heru lebih memilih menyajikan makanan dengan biaya Rp25 ribu per porsinya. Maka dari itu, Heru meminta Gibran memberi masukan pada Pemprov DKI agar bisa selaras dengan program andalan Prabowo tersebut.

Mas Gibran tadi semuanya sudah mencicipi. Nanti tentunya mohon arahan masukan untuk kami di 2025 bisa memberikan yang terbaik dari program pemerintah pusat," urai Heru.