Heboh Mafia Skincare, Pahami 6 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

JAKARTA - Belakangan ini, istilah 'mafia skincare' menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia, terutama para pecinta skincare. Istilah ini ramai jadi perbincangan usai dr. Oky Pratama dan dr. Richard Lee membahas tentang 'mafia skincare'.

Mafia skincare merujuk pada praktik ilegal dalam industri perawatan kulit, yang melibatkan individu atau kelompok yang memproduksi, mendistribusikan, dan menjual produk perawatan kulit yang tak aman dan tidak memiliki izin edar resmi.

Sebetulnya, memilih skincare yang tepat tidaklah sulit. Anda harus mengevaluasi berbagai aspek kulit sebelum memilih produk skincare yang tepat. Jangan pernah menggunakan produk perawatan kulit apa pun tanpa terlebih dahulu memahami kondisi kulit.

Hal ini dapat berdampak negatif pada wajah Anda. Berikut tips memilih produk skincare yang tepat untuk jenis kulit Anda, seperti dilansir dari laman MD Factor.

1. Ketahui jenis kulit

Elemen terpenting dalam menentukan produk skincare mana yang paling cocok untuk Anda adalah tergantung dari jenis kulit. Meskipun ada produk tertentu yang dikembangkan untuk setiap jenis kulit, terkadang setiap orang salah memilih produk skincare. Sangat penting untuk memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit.

Kehati-hatian yang sangat ekstrem harus dilakukan saat menggunakan berbagai zat dalam produk skincare, terutama orang yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat. Kulit berminyak juga tidak bisa banyak menerima berbagai kandungan zat skincare. Hal ini bisa memicu jerawat atau ketidaknyamanan.

Memilih skincare berdasarkan jenis kulit

Kulit Normal dan Kulit Sensitif

Carilah produk yang mengandung shea butter, oat, dan aloe vera. Produk-produk tersebut merupakan pelembap yang efektif dan biasanya tidak menimbulkan jerawat. Jika tidak yakin dengan jenis kulit, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis. Setelah mengetahui warna kulit, Anda dapat mulai membuat pilihan skincare yang lebih tepat.

Kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, asam alfa hidroksi, asam glikolat atau salisilat, benzoil peroksida, dan asam hialuronat adalah bahan-bahan yang perlu diperhatikan dalam produk skincare. Bahan-bahan kimia ini efektif dalam mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Sementara, asam hialuronat hanya akan menghidrasi area yang membutuhkannya.

Kulit kering

Orang dengan kulit kering dapat mencari produk dengan asam laktat dan shea butter. Zat-zat ini melembapkan dan mengelupas kulit kering dengan lembut untuk menjaga kecantikannya. Orang dengan kulit kering harus lebih memperhatikan kulit mereka selama musim dingin.

2. Ketahui kebutuhan kulit

Luangkan waktu untuk memikirkan kebutuhan kulit. Mungkin ingin mengurangi garis-garis halus, pori-pori besar atau jerawat membandel yang tidak bereaksi terhadap perawatan skincare rutin. Produk yang dipilih harus berhasil mengatasi masalah yang paling dikhawatirkan.

Anda dapat memeriksa masalah yang dialami kulit saat ini dan produk yang paling cocok untuknya. Ada berbagai produk yang dirancang untuk kondisi kulit ini, jadi pilihlah dengan bijak jika mengalami masalah dengan jerawat, anti-penuaan, kerutan, atau gatal.

3. Jangan membeli produk perawatan kulit berdasarkan promosi

Jika membeli produk berdasarkan saran penggemar atau influencer, bukan dari seberapa bagus kulit mereka saat ini, itu berarti mereka tidak menggunakan produk yang dipasarkan.

Jangan pernah mencoba membeli produk skincare yang secara cepat dapat membuat wajah menjadi glowing. Melakukan kesalahan ini dapat berakibat buruk.

4. Periksa kandungan produk

Setelah mengidentifikasi kandungan utama yang ingin di gunakan atau hindari, Anda harus fokus pada kandungan produk skincare yang tercantum dalam daftar kandungan. Ada beberapa produk skincare yang kualitasnya tidak sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Oleh karena itu, mulailah meneliti zat-zat yang paling baik untuk jenis kulit.

5. Lakukan Uji Tempel (Patch Test)

Prosedur terbaik adalah uji tempel kulit (Patch Test). Uji ini membantu mengidentifikasi apakah zat tertentu dapat menyebabkan alergi kulit, reaksi iritasi, dan lain sebagainya.

6. Pertimbangkan saran dari dokter kulit

Orang terbaik yang dapat memandu Anda dalam memilih produk skincare kulit yang tepat adalah dokter spesialis kulit. Jika Anda berkomitmen untuk mempertahankan kulit yang berseri, buatlah janji temu dengan dokter terpercaya dan bersertifikat.

Dokter spesialis kulit tidak hanya memiliki pemahaman menyeluruh tentang kulit, tetapi banyak keahlian di bidang tertentu. Dokter spesialis kulit dapat memberikan saran untuk membantu Anda memulai perawatan skincare dengan benar.