Gerindra Sebut Prabowo Umumkan Nama Kabinet dan Menteri di Hari Pelantikan 20 Oktober

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut Prabowo Subianto akan mengumumkan nama kabinet dan menteri-menterinya di hari pelantikannya sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober mendatang. 

"Nama kabinet akan disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 nanti," ujar Dasco, Selasa, 8 Oktober. 

Soal susunan menteri dari partai politik, Dasco mengatakan, parpol yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) baru membicarakan soal program dan janji kampanye Prabowo-Gibran, belum terkait kabinet. Apalagi, soal jatah menteri dari PDIP. 

"Sampai dengan saat ini komunikasi-komunikasi yang dilakukan antara Partai Gerindra dengan PDI Perjuangan maupun Partai Gerindra dengan beberapa Partai koalisi itu kita baru hanya sebatas program-program atau kemudian pemenuhan janji kampanye dari pak Prabowo," ungkap Dasco. 

"Nah khusus dengan PDI Perjuangan ini belum ada pembicaraan-pembicaraan mengenai nama-nama yang akan masuk atau kemudian bagaimana nanti sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang baru secara resmi," tambah Wakil Ketua DPR dua periode itu. 

Karena itu, Dasco meminta semua pihak untuk menunggu perkembangan yang ada.

"Sambil kita fokus pada pelantikan," katanya. 

Dasco juga mengataka belum ada acara khusus bagi para pendukung Prabowo-Gibran di hari pelantikan. Sebab, kata dia, banyak tamu undangan dari luar negeri yang harus disambut Prabowo. 

"Ya sampai saat ini saya belum mendengar, karena yang kita konsentrasi baru pada acara-acara resmi yang tentunya kita harus fokus pada tanggal 20 bagaimana supaya acara-acara resmi tersebut pelantikan bisa berjalan dengan lancar.  Karena disitu akan banyak tamu-tamu negara, kepala-kepala dari negara lain yang akan hadir. Itu Kita fokus disitu. Sehingga sedapat mungkin kelancaran dari pelantikan itu tidak akan tergantung oleh kegiatan-kegiatan yang tambahan maksudnya begitu," pungkasnya.