Vladimir Putin Ultah ke-72 Tahun Hari Ini, Tak Ada Perayaan Besar

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin merayakan ulang tahunnya Senin 7 Oktober. Hari ini, ia genap berusia 72 tahun.

Tak ada perayaan besar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Putin merayakannya di kantor negara tertinggi atau kantor presiden.

Mengutip Tass, pagi hari diawali Putin dengan menerima ucapan selamat dari para pemimpin negara lain lewat komunikasi Telegram dan panggilan telepon.

Siang harinya, Putin dijadwalkan akan menggelar sejumlah pertemuan kerja tertutup.

Pada malam hari, Putin akan bertemu dengan para kepala negara CIS, yang berkumpul di Moskow menjelang pertemuan puncak besok Selasa 8 Oktober.

Putin tidak pernah berbicara di depan umum tentang hari ulang tahunnya. Kepala negara Rusia ini cenderung menarik perhatian publik saat ulang tahun lantaran dianggapnya tidak perlu.

"Ini hari ulang tahun saya, ini bukan hari libur nasional. Bagi saya, tidak sopan untuk membesar-besarkan pentingnya acara ini," kata Putin.

Meskipun menghindari sorotan publik, Putin tidak serta merta menolak hadiah yang diberikan. Namun, lebih selektif terkait hal itu.

Seperti pada 2022, Putin menerima hadiah traktor dari mitranya Belarusia, Alexander Lukashenko bertepatan ulang tahun ke-70.

Pada 2017, mantan Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimuhamedov memberikan anak anjing Alabai bernama Verny untuk Putin yang sedang ulang tahun. Bukan rahasia lagi jika Putin memang mencintai hewan piaraan anjing.