4 Kopi Khas Sumatra dengan Penyajian Unik yang Harus Dicoba

JAKARTA - Minum kopi sudah menjadi salah satu rutinitas yang wajib dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia. Jenis kopi khas Indonesia juga sangat beragam cita rasa dan penyajian yang unik.

Beberapa daerah di Sumatra terkenal dengan penyajian kopinya yang unik. Ini beberapa daftar kopi khas Sumatra dengan penyajian unik yang harus Anda cicipi.

1. Kopi tabalek dari Aceh

Dilansir dari Indonesia Travel, kopi khas Sumatra pertama yang harus Anda cicipi adalah kopi tabalek yang berasal dari Aceh. Penyajian kopi ini sangatlah unik.

Kopi ini disajikan dalam cangkir terbalik yang diletakkan di atas piring kecil dan dilengkapi dengan sedotan. Untuk meminum kopi ini, Anda harus meniup ke dalam sedotan agar kopinya bisa meresap.

Kopi tabalek (indonesia.travel)

2. Kopi takar dari Mandailing

Kopi spesial yang terdapat di Mandailing Natal adalah kopi takar. Kopi ini merupakan kopi yang disajikan dalam tempurung kelapa, yang didesain seperti cangkir dan diletakkan di atas piring kecil.

Untuk mencicipi cita rasa kopi ini yang luar biasa, disediakan sebatang kayu manis untuk digunakan sebagai sedotan. Kenikmatan biji kopi khas Mandailing akan terasa sempurna saat Anda meminum kopi takar.

Kopi takar (indonesia.travel)

3. Kopi talua dari Padang

Kopi talua khas Padang, Sumatra Barat, merupakan perpaduan antara kopi dan kuning telur, yang dinilai sebagai salah satu kopi terlezat dari Indonesia. Kopi Talua merupakan racikan kopi yang terbuat dari busa lembut dengan cita rasa gurih dan manis yang khas.

Proses pembuatan kopi ini diawali dengan memasukkan kuning telur ke dalam segelas susu kental manis, kemudian ditambah satu sendok teh bubuk kayu manis. Campuran ini kemudian dikocok dan ditambahkan air mendidih.

Air mendidih tersebut akan mematangkan telur selama proses pengocokan bersama bubuk kopi. Proses inilah yang melatarbelakangi tekstur lembut berbusa kopi talua.

4. Kopi manggar dari Bangka Belitung

Berwisata ke Bangka Belitung tentu belum lengkap tanpa mencicipi cita rasa kopi manggar yang khas. Penyajian kopi ini sangat unik, yakni bubuk kopinya dimasukkan ke dalam saringan berbahan dasar kapas, lalu diseduh dengan air mendidih.

Kemudian kopi dituangkan ke dalam gelas dan ditambahkan susu kental manis di dalamnya, untuk melengkapi cita rasa dari secangkir kopi manggar.