Tips Mempertahankan Berat Badan Ideal Usai Diet Ketat

JAKARTA - Menurunkan berat badan bagi sebagian orang merupakan hal yang tak mudah.

Berat badan yang turun usai diet ketat harus dijaga dengan baik agar tetap stabil dan tidak naik.

Dilansir dari Medicine Net, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempertahankan berat badan setelah diet ketat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Makan dengan porsi kecil

Meskipun sudah tidak melakukan diet ketat, usahakan untuk makan secukupnya saja. Makan dengan porsi kecil sebanyak 5 kali dalam sehari lebih baik dibandingkan makan dengan jumlah besar 3 kali sehari.

Dengan makan porsi kecil, metabolisme akan lebih cepat bekerja dan membantu mengontrol berat badan. Pada menu makan harian Anda, sertakan rempah-rempah yang dapat meningkatkan metabolisme seperti kayu manis, pala, dan kunyit.

2. Konsumsi snack sehat

Jika merasa lapar di sela-sela waktu makan, jangan kembali ke kebiasaan lama dengan mengonsumsi makanan ringan atau snack berkalori tinggi. Tetap pilih makanan ringan yang lebih sehat seperti buah, sayuran, yogurt bebas lemak, hingga biskuit gandum utuh.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup, yakni 8 gelas sehari sangat penting untuk menjaga berat badan Anda setelah diet ketat. Asupan air putih yang cukup membantu pembakaran kalori dan memperlancar metabolisme, sehingga berat badan tetap ideal meskipun tidak diet dengan ketat.

4. Tetap berolahraga

Tetap berolahraga merupakan cara terbaik untuk mempertahankan berat badan Anda yang baru. Sisihkan waktu 30 menit untuk berolahraga setiap hari, dan tetapkan olahraga tersebut sebagai rutinitas yang harus dilakukan.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini juga menurunkan kadar hormon pengatur rasa lapar, ghrelin, sehingga bisa membuat berat badan tidak terkontrol. Dengan demikian, upayakan untuk tidur 7-9 jam setiap malamnya.