Apakah Obat Kumur Aman untuk Anak? Cek Jawabannya di Sini

YOGYAKARTA – Obat kumur merupakan cairan antiseptik yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Obat kumur umumnya digunakan setelah menyikat gigi, fungsinya untuk membersihkan area gigi yang tidak dijangkau saat menyikat gigi. Di balik manfaat yang ditawarkannya itu, muncul pertanyaan, apakah obat kumur aman untuk anak? Yuk, cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Obat Kumur?

Dikutip dari AI-Care, obat kumur adalah sediaan farmasi yang diformulasikan untuk membilas gigi, gusi, dan mulut.

Obat kumur umumnya mengandung antiseptik seperti fluorida dan chlorhexidine, yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di sela-sela gigi dan juga lidah.

Selain itu, bahan antiseptik yang ada di dalam obat kumur juga bisa digunakan untuk menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, dan membuat napas menjadi lebih segar.

Dengan manfaat yang ditawarkannya, tak heran jika dokter gigi menganjurkan Anda berkumur menggunakan obat kumur sebagai bagian dari perawatan gigi dan mulut.

Meskipun demikian, penggunaan obat kumur tidak dianjurkan untuk mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut yang sudah parah. Apabila Anda memiliki masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, goyang dan infeksi, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan.

Apakah Obat Kumur Aman untuk Anak?

Disadur dari laman American Dental Association, obat kumur sebenarnya tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 6 tahun.

Pada usia ini, anak belum mampu berkumur dengan baik, sehingga obat kumur bisa tidak sengaja tertelan dan membuatnya keracunan.

Selain itu, penggunaan obat kumur berfluorida juga berpotensi memunculkan fluorisis gigi pada anak. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bitnik-bintik putih atau cokelat pada gigi.

Mengenai anak-anak yang boleh menggunakan obat kumur, American Dental Association menyarankan untuk menunggu hingga anak-anak berusia setidaknya enam tahun.

Meski begitu, penggunaan obat kumur untuk anak usia 6 tahun ke atas wajib dengan pengawasan orang tua.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan obat kumur kepada anak usia 6 tahun:

  • Pastikan anak sudah terbiasa berkumur dan meludahkan air.
  • Awasi anak saat menggunakan obat kumur untuk memastikan tidak menelan.
  • Pastikan anak tahu cara menggunakan obat kumur dengan benar.
  • Berikan obat kumur sebagai perawatan tambahan, bukan pengganti menyikat gigi.

Apa Manfaat Obat Kumur untuk Anak?

Ketika anak-anak sudah cukup umur dan mampu menggunakan obat kumur, berikut beberapa manfaat obat kumur bagi anak:

  • Dapat membantu membersihkan partikel makanan dan plak di area yang sulit dijangkai sikat gigi dan benang gigi
  • Dapat membantu menghilangkan bau mulut dan menambahkan kesegaran rasa mint.
  • Obat kumur berfluorida untuk anak usia 6 tahun ke atas membantu remineralisasi gigi dan memperkuaat email untuk mencegah kerusakan gigi.
  • Dapat menjaga kesehatan gisi anak-anak dan mencegah radang gusi.

Demikian ulasan tentang apakah obat kumur aman untuk anak. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.