Ketika Album Musik Terbaik Indonesia Kembali Ditampilkan 47 Tahun Kemudian

JAKARTA - “Badai Pasti Berlalu” yang dinilai banyak pihak sebagai album musik terbaik di industri musik Indonesia, hadir dalam pertunjukan spesial di hari pertama Synchronize Fest 2024 yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Oktober.

Dengan iringan orkestra yang dipimpin Erwin Gutawa, lagu-lagu dari album “Badai Pasti Berlalu” ditampilkan dengan megah.

Danilla, Bilal Indrajaya, Fariz RM, Afgan, Isyana Sarasvati, dan Berlian Hutauruk silih berganti menyanyikan lagu-lagu dari album itu, seperti “Semusim”, “Merpati Putih”, “Khayalku”, “Baju Pengantin”, “Angin Malam”, “Serasa”, “Matahari”, “Badai Pasti Berlalu”, hingga “Cintaku”.

“Waktu saya buat album ini, umur saya baru 27 tahun. Jadi ini 47 tahun yang lalu,” kata Eros Djarot, produser untuk album tersebut, ketika hadir di atas panggung.

Dia juga bercerita bagaimana Fariz RM yang saat itu masih duduk di bangku SMA.

“Fariz, waktu saya minta isi drum di album ini, belum pernah latihan. (Saat itu) dia mau ujian, saya culik dia,” ujar Eros.

Lebih jauh, Fariz RM mengakui kekagumannya untuk album “Badai Pasti Berlalu”. Album ini disebut sebagai tonggak industri musik Indonesia.

“Ini bukan sekedar karya, ini adalah tonggak. Ini adalah tonggak dimana saat itu musik Indonesia berubah,” kata Fariz.

“Paling tidak, di situ industri musik mempunyai alasan untuk percaya pada genre musik lain di luar musik pop yang sudah ada sebelumnya,” lanjutnya.

Selain BADAI PASTI BERLALU, gelaran hari pertama Synchronize Fest 2024 juga menghadirkan dua pertunjukan spesial lain, yaitu BRANG BRENG BRONG: BENYAMIN BIKIN KETRIBUTAN, dan NIKE ARDILLA LIVE BERSAMA.

Terdapat pula beberapa penampil yang juga sayang untuk dilewatkan, mengingat sulitnya untuk merasakan ulang penampilan mereka di gelaran musik yang menawarkan suasana berbeda seperti Synchronize Fest.

Line up lain yang dimaksud adalah TRISUM (Tohpati, Dewa Budjana, dan Balawan); AK//47; TIMNAS JATIWANGI (TALAWENGKAR, Mother Bank, dan LAIR); Bondan Prakoso & Fade2Black; Bebop Collective: Salon R&B, The Kick x The Jeblogs; serta Arrington De Dionyso & Singo Sembrono.

Selain semua nama di atas, tentunya gelaran hari pertama Synchronize Festi 2024 juga menghadirkan nama-nama populer yang belakangan ini meramaikan festival musik besar, seperti Bernadya, Maliq & D’Essentials, Juicy Luicy ft. Adrian Khalif, .Feast, Lyodra, Guyon Waton, FLOAT, Tipe-X, Vierratale, Saykoji, FSTVLST, Nadhif Basalamah, dan masih banyak lagi.