Kejuaraan Dunia Senam 2025 Menargetkan 500 Atlet Jadi Kontestan

JAKARTA – Kejuaraan Dunia Senam Artistik FIG ke-53 atau 53rd Artistic Gymnastics World Championship (AGWC) 2025 ditargetkan diikuti oleh sebanyak 500 atlet dari seluruh dunia.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani), Ita Yuliati, mengatakan bahwa pendaftaran pun baru akan dibuka pada Januari 2025.

"Pendaftaran sampai Juni 2025. Kira-kira nantinya total delegasi yang akan hadir sekitar 1.000 orang. Seluruh kesiapan akan kami matangkan," katanya dikutip situs Kemenpora.

Ita bersama jajaran pengurus Persani serta Presiden Federasi Senam Internasional (FIG) Morinari Watanabe pada Kamis, 3 Oktober 2024, melakukan kunjungan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pertemuan ini membahas kesiapan Indonesia, terutama venue Indonesia Arena yang akan jadi lokasi pertandingan serta Jakarta Convention Center (JCC) sebagai training hall bagi para atlet.

Morinari Watanabe mengingatkan agar segala kesiapan harus dikebut oleh Indonesia agar pelaksanaan Kejuaraan Dunia ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Senang bisa bertemu kembali dan saya bahagia Kejuaraan Dunia Senam nantinya bisa digelar di Indonesia. Kesiapannya sudah bagus. Penyelenggaraannya sisa setahun lagi dan kami mohon dukungan," ujar Watanabe.

Artistic Gymnastics World Championship (AGWC) 2025 rencananya akan berlangsung dari tanggal 19-25 Oktober 2025.

Nomor yang akan dipertandingkan di ajang ini adalah artistik dan gimnastik. Indonesia akan mengambil bagian untuk mengumpulkan poin untuk Olimpiade berikutnya pada 2028 di Los Angeles, Amerika Serikat.