Barack Obama Turun Gunung Kampanye untuk Kamala Harris Lawan Trump

JAKARTA - Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama turun gunung untuk berkampanye mendukung calon presiden (capres) Kamala Harris.

Mengutip CBN News, Jumat 4 Oktober, Obama dijadwalkan berkampanye demi Harris mengalahkan Donald Trump mulai Kamis 10 Oktober mendatang di Pittsburgh.

Keturunan Afrika-Amerika pertama yang menjadi presiden AS ini akan menggelar kampanye kilat di seluruh negara bagian AS dan berakhir di bulan November mendekati Pilpres AS 2024.

Obama merupakan pendukung setia Harris sejak berada dalam jajaran elite Partai Demokrat. Ia secara resmi menyatakan dukungan beberapa hari setelah Demokrat mengganti capres yang diusung dari Joe Biden ke Harris.

"Kamala Harris tidak akan fokus pada masalahnya, ia akan fokus pada masalah Anda," kata Obama dalam pidatonya di Konvensi Nasional Demokrat di Chicago pada Agustus 2024.

"Sebagai seorang calon presiden, ia tidak akan hanya melayani pendukungnya sendiri, dan menghukum mereka yang menolak untuk mencium cincin atau bertekuk lutut kepadanya. Ia akan bekerja atas nama setiap warga Amerika. Itulah Kamala," sambung Obama.

Kampanye pertama Obama akan berlangsung di salah satu negara bagian medan pertempuran yang paling diperebutkan dua pasangan capres AS.