Apa yang Harus Dilakukan saat Ketinggalan Pesawat? Lakukan Hal-hal Berikut

YOGYAKARTA - Beberapa orang mempunyai potensi mengalami ketinggalan pesawat. Misalnya tidak sengaja melewatkan jadwal penerbangannya karena berbagai situasi, entah itu macet, gangguan kendaraan, terjebak rekayasa lalu lintas, dan lain sebagainya. Lantas apa yang harus dilakukan saat ketinggalan pesawat?

Apa yang Harus Dilakukan saat Ketinggalan Pesawat?

Jika Anda ketinggalan pesawat, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

Komunikasikan dengan pihak maskapai

Anda tidak perlu panik. Segera komunikasikan dengan perwakilan maskapai dan jelaskan bahwa Anda ketinggalan jadwal.

Dikutip dari Insider, menurut CEO AirHelp, Hendrik Zillmer, beberapa maskapai memiliki aturan tak tertulis yang memungkinkan mereka dapat membantu Anda memesankan tiket pesawat untuk penerbangan selanjutnya.

"Beberapa maskapai punya aturan informal, yang artinya mereka bisa memesankan Anda penerbangan berikutnya jika masih ada kursi, terutama jika Anda ketinggalan pesawat karena alasan yang baik (tidak disengaja)," jelasnya.

Beberapa orang ketinggalan pesawat tentunya disebabkan oleh alasan yang di luar kontrol pribadi, misalnya macet karena terjadi kecelakaan lalu lintas. Jika beruntung, orang-orang tersebut dapat dibantu untuk melakukan kembali pemesanan tiket tanpa dijatuhi biaya penalti. Begitu pula jika Anda memberitahukan pihak maskapai terlebih dahulu. Misalnya, Anda menelepon mereka saat terjebak macet dan merasa sulit untuk mengejar penerbangan.

"Semakin segera maskapai tahu, akan semakin baik untuk membantumu mencari solusi terhadap situasi," kata Zillmer.

Ilustrasi (Dok. ANTARA)

Pesan tiket online

Dalam kasus maskapai lambat memberikan respons atau jika terdapat gangguan lainnya, Anda bisa memesan tiket secara online. Beberapa maskapai memungkinkan pelanggannya untuk kembali memesan tiket pesawat dengan mudah.

"Apa pun strateginya, cobalah proaktif," jelas spesialis operasi anggota dari situs tiket pesawat Scott's Cheap Flights, Willis Orlando. 

Ia juga memberikan saran untuk tetap tenang dan sopan saat berbicara pada pilihan maskapai. Jika tidak, bisa jadi prosesnya akan lebih lama.

Pertimbangkan moda transportasi lain

Jika maskapai tidak bisa memesankan tiket pesawat untuk jadwal lainnya tanpa penalti, lebih baik Anda mempertimbangkan untuk membeli tiket untuk jadwal hari yang lain atau mencari alternatif maskapai.

"Terkadang membeli tiket dari maskapai lain tidak terlalu mahal, atau Anda juga bisa mencari jadwal penerbangan di hari berikutnya," ucap Zillmer.

Jika jarak destinasi tidak terlalu jauh, Anda juga dapat mempertimbangkan mengganti moda transportasi lain, misalnya bus atau kereta.

Mencari tahu kompensasi

Jika Anda mengalami adalah ketinggalan penerbangan lanjutan (connecting flight), contohnya karena gangguan atau keterlambatan pada penerbangan pertama, Anda berhak menerima kompensasi dari maskapai. 

Besaran kompensasi bisa bervariasi. Beberapa maskapai juga mungkin akan memberi tawaran untuk memindahkan jadwal ke hari selanjutnya dan menyediakan akomodasi. Oleh karena itu, segeralah menginfokan pihak maskapai.

Hubungi penyedia akomodasi

Ketinggalan pesawat membuat jadwal perjalanan Anda tak bisa dilaksanakan sesuai rencana. Jika Anda mengalami hal tersebut, setelah mencari alternatif untuk menuju ke destinasi, sebaiknya segera menginfokan pada hotel atau penginapan yang sudah dipesan.

Pastikan pihak hotel mengetahui bahwa Anda tidak akan tiba tepat waktu sesuai waktu reservasi.

"Tujuannya di sini adalah menghindari dikenai biaya tambahan," ucap Zillmer.

Demikianlah ulasan mengenai apa yang harus dilakukan saat ketinggalan pesawat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.