Mudah Dilakukan, 4 Cara Membasmi Bekas Jerawat dengan Daun Mint

JAKARTA - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menyerang siapa pun. Tetapi, hal yang lebih buruk lagi adalah bekas jerawat yang ditinggalkannya. Bekas jerawat sangat membandel dan butuh waktu berhari-hari untuk menghilang.

Namun, jika Anda ingin mempercepat prosesnya, daun mint adalah bahan yang bisa kamu coba. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dalam daun mint sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Penggunaan rutin daun mint dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat, menjaga kebersihan kulit, dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Daun mint membantu Anda menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Ingin tahu cara menggunakan daun mint untuk mengatasi bekas jerawat? Berikut 4 cara menghilangkan bekas jerawat dengan daun mint, seperti dilansir dari laman Times of India pada Kamis, 3 Oktober 2024.

1. Daun mint

Yang dibutuhkan hanyalah daun mint dan tumbuk hingga menjadi pasta dengan menambahkan air. Gunakan pasta tersebut pada bekas jerawat dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Daun mint bersifat antimikroba, mengandung antioksidan yang menekan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi stres oksidatif. Hal ini efektif membantu mengurangi bekas jerawat.

2. Daun mint dan madu

Untuk melakukannya, Anda perlu menghancurkan daun mint. Lalu campurkan dengan madu. Lalu, oleskan pada area bekas jerawat. Campuran ini sangat baik untuk orang dengan kulit kering. Baik madu maupun daun mint memiliki khasiat antibakteri yang ampuh mengatasi jerawat dan noda hitam.

3. Daun mint dan mawar

Campurkan air mawar dengan daun mint yang dihancurkan lalu oleskan pada area yang berjerawat. Air mawar tidak hanya mengendalikan produksi minyak berlebih, tetapi juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit.Air mawar menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut, serta merupakan astringen alami.

4. Daun mint, lemon dan minyak zaitun

Mint, zaitun, dan air jeruk lemon efektif mengatasi jerawat. Campur daun mint yang dihancurkan dengan minyak zaitun dan air jeruk lemon. Oleskan campurkan tersebut pada area yang berjerawat, lalu pijat dengan lembut.

Pijat selama 15 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam oleat. Campuran daun mint, lemon, dan minyak zaitun membantu membasmi bakteri penyebab jerawat.