Justin Sun Kirim 5,24 Juta Token EIGEN ke Bursa Kripto HTX  

JAKARTA - Pendiri Tron (TRX), Justin Sun, baru-baru ini dikabarkan menerima airdrop senilai lebih dari 5,24 juta token EIGEN dari EigenLayer dengan total nilai mencapai sekitar 8,75 juta dolar AS (Rp131,25 miliar). Airdrop ini merupakan bagian dari upaya EigenLayer untuk meningkatkan keamanan dan utilitas ETH yang di-stake melalui protokol staking likuid berbasis Ethereum. Informasi saja, staking merupakan proses penguncian token dalam waktu tertentu untuk mendukung berjalannya jaringan blockchain.

Setelah menerima token tersebut, Sun langsung memindahkannya ke bursa HTX. Sontak hal ini memicu spekulasi di kalangan komunitas kripto. Ia diduga berencana menjual token EIGEN tersebut.

Terdaftarnya token EIGEN di bursa-bursa besar seperti Binance dan Coinbase telah mendongkrak harga EIGEN secara signifikan. Nilai EIGEN melonjak hampir 15% hingga mencapai harga tertinggi 4,53 dolar AS (Rp67.950) tak lama setelah listing. Hal ini memicu spekulasi lebih lanjut mengenai apakah pemegang besar lainnya, seperti Justin Sun, akan segera melepas token mereka, yang tentunya akan berpengaruh pada dinamika harga EIGEN di pasar.

Kabarnya Justin Sun memindahkan token EIGEN ke HTX dinilai sebagai langkah untuk meningkatkan likuiditas token tersebut di bursa. Dengan tambahan token yang tersedia untuk diperdagangkan, hal ini diharapkan mampu menarik lebih banyak trader, sekaligus mendorong volume perdagangan yang lebih besar. Pasalnya peningkatan jumlah token di bursa ini bisa berdampak positif pada aktivitas perdagangan EIGEN.

Selain Justin Sun, beberapa entitas lain yang juga menerima airdrop besar dari EigenLayer adalah Blockchain Capital dan Galaxy Digital. Keduanya memiliki jumlah token yang signifikan, yang berpotensi mempengaruhi harga pasar, tergantung pada keputusan mereka untuk menjual atau menyimpan token tersebut. 

Di sisi lain, Eigen Foundation juga mengumumkan unlock token EIGEN untuk partisipasi lebih luas dalam ekosistem mereka, yang semakin meningkatkan minat publik terhadap token ini.