Tips Memilih Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

JAKARTA - Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Bentuk tubuh harus dikenali dengan baik agar bisa memilih pakaian alias padu padan busana yang sesuai, sehingga penampilan lebih maksimal.

“Laki-laki dan perempuan memiliki beragam bentuk tubuh. Ada yang pear shape, ada yang bentuk lurus, ada yang curvy berlekuk,” kata Fashion Stylist, Yoland Handoko, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Jika bagian atas tubuh cenderung besar, disarankan untuk mengenakan bawahan yang lurus atau tidak membentuk kaki. Disarankan juga untuk tidak menggunakan baju yang menumpuk jika bagian atas tubuh cenderung besar.

“Kalau (tubuh) besar di bagian atas, kita bisa pakai bawahan yang lurus dan tidak terlalu layering atau padat di bagian atas, jadi orang fokusnya ke bawah. Jadi harmonis tampilan dari atas kepala sampai ujung kaki,” jelasnya.

Jika bagian tubuh bawah yang besar, maka maksimalkan penggunaan pakaian di bagian atas tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenakan baju secara layering dan menggunakan aksesori.

Bagi yang memiliki pinggul besar disarankan untuk tidak mengenakan celana yang ketat, karena akan semakin menonjolkan bentuk pinggul Anda. Sebaiknya gunakan celana yang memiliki potongan lebar jika memiliki pinggul besar.

“Kalau bagian bawahnya terlalu besar, boleh dimaksimalkan di bagian atas biar enak komposisinya. Jadi ketika pakai celana jika bagian pinggul besar, jangan pakai celana yang ketat. Bisa pakai yang wide pants atau yang lebih lebar,” katanya.

Selain itu, pemilihan pakaian juga bisa disesuaikan dengan bagian tubuh mana yang disukai. Anda bisa memilih pakaian yang bisa menonjolkan bagian tubuh yang disukai tersebut.

“Kalau misalkan perempuan, aku akan minta dia jelaskan apa yang sebenarnya disuka dari tubuh kamu, apa yang ingin ditunjukkin. Misal suka sama collarbone aku, maka pilih baju yang menunjukkan collarbone,” tambah Yoland Handoko.